Kue Khamir Istimewa.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep kue khamir istimewa yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal kue khamir istimewa yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kue khamir istimewa, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan kue khamir istimewa enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat kue khamir istimewa yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Kue Khamir Istimewa memakai 16 bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Kue Khamir Istimewa:

  1. Sediakan Bahan Kue.
  2. Gunakan 150 gr tepung terigu protein tinggi(me:Cakra).
  3. Ambil 50 gr tepung protein rendah(me:segitiga).
  4. Sediakan 25 gr tepung terigu sedang untuk cadangan.
  5. Siapkan 100 gr gula pasir(aslinya 125 gr)Yg suka manis silahkan tambah).
  6. Gunakan 150 gr tape singkong(buang seratnya, blender)(me:Raja Madu).
  7. Sediakan 2 butir telur.
  8. Gunakan 10 sdm susu cair full cream putih(me:diamond).
  9. Siapkan 1/2 sdt garam halus.
  10. Ambil 1/2 sdt vanili bubuk.
  11. Siapkan 100 gr mentega cair(me:Palmia Royal).
  12. Gunakan Bahan Biang.
  13. Ambil 1 sdt ragi instan(me:mauripan).
  14. Ambil 1 sdm gula pasir.
  15. Siapkan 1 sdm tepung terigu.
  16. Gunakan 5 sdm susu cair full cream putih hangat.

Cara menyiapkan Kue Khamir Istimewa:

  1. Siapkan semua bahan kue.
  2. Siapkan semua bahan biang..
  3. Blender tape di tabung kecil.Silahkan tambahkan susu cair 5 sdm yg ada di bahan kue.Boleh jg tanpa tambahan apa2.Kalo blender saya tanpa tambahan bahan cair apapun dia bisa halus.Sisihkan tape pada mangkuk kecil..
  4. Buat biang dulu.Ini kita lakukan untuk mengetes kualitas ragi kita.Masih hidup atau udah mati.Jika udah mati jgn digunakan.Buang aja.Beli ragi baru ya.Karena kue khamir ini butuh ragi agar bisa mengembang spt roti tetapi tdk terlalu kuat mengembangnya, hanya seperlunya saja.Campurkan semua bahan2 biang menjadi satu.Tuang bhn2 pd takaran sendok ke dlm mangkuk susu lalu aduk rata.Tutup dgn serbet.Tunggu 10-15 menit.Sisihkan..
  5. Mixer telur dan gula pasir dgn kecepatan rendah dulu.Setelah tercampur rata naikkan kecepatan tinggi.Kocok sebentar aja asal tercampur rata saja nggak perlu sampe 2 menit.Matikan mixer..
  6. Masukkan semua bahan biang dan susu cair.Aduk rata pake spatula atau sendok kayu jg boleh.Jika mau pake mixer jg boleh.Pake kecepatan rendah saja dan mixer hanya sebatas tercampur saja..
  7. Masukkan tape halus, garam dan tepung terigu.Aduk rata dgn spatula kayu.Terigu masuknya bertahap ya jgn sekaligus.Terigu ini tiap rumah kadar airnya beda2.Ada orang yg terigunya kering karena disangrai lalu disimpan.Ada jg yg masih baru krn baru beli.Tapi ada jg orang yg terigunya udah agak lama krn disimpan berbulan2 tapi blm kadaluarsa.Nah utk itu terigu kisarannya 200 sd 225 gr itu ya…Campurkan merata..
  8. Masukkan mentega cair.Aduk rata.Nah kali ini boleh pake tangan, boleh pake spatula kayu.Silahkan aja.Tapi ini dia udah berat ya krn udah ada terigunya.Saya mencampurnya dgn tangan.Lengket pake bamget ya…saya remet2 tuh adonan agar mentega cairnya bisa tercampur rata.Setelah rata saya kerok tangan saya dgn sendok utk melepas adonan2 yg lengket menempel.Diamkan adonan 1 jam(Proofing 1 jam).Tutup dgn wrapping wrap (serbet bersih).
  9. Sambil menunggu proofing 1 jam siapkan loyang atau cetakkan nya ya.Oles cetakkan dgn margarin pake kuas.Cetakkan boleh pake cetakkan donat, dorayaki, kue lumpur, kue cubit dll.Yg paling bagus dia bulat bentuknya.Saya pake cetakkan dorayaki happy call.Alasin kompor dgn tatakkan kompor.Kalau nggak punya bisa pake loyang tipis yg udah nggak kepake atau boleh jg korbankan satu loyang kue kering utk menjadi tatakan kompor..
  10. Setelah 1 jam proofing selesai, ambil adonan pake sendok letakkan pada cetakkan dlm keadaan cetakkannya dingin.Bentuk di cetakkan adonan.Ratakan dgn sendok makan atau ratakan dgn memakai sarung tangan plastik lalu bagian telunjuk kita olesin mentega/minyak goreng.Kita ratakan/tekan2 pelan adonan di cetakkan sampai memenuhi lubang cetakkan.Jgn penuh2 ya…peres aja.Sebab dia nanti akan mengembang lg saat di panggang.Kenapa adonan diisi saat dingin? Karena kita pake alas kompor/tatakan kompor..
  11. Nyalakan api kompor alasin dgn alas kompor/tatakan kompor.Panaskan dulu alas kompor tsb.Setelah alas kompor panas kecilkan apinya sekecil2 nya.Paling kecil ya.Taruh cetakkan yg udah diisi adonan ke atas tatakan kompor.Tutup cetakkan.Tunggu hingga adonan mengembang dan atasnya agak kering.Intip2 terus ya…hati2 dia cepet gosong.Cara membaliknya pake lidi sate dan capitan alumuniun.Intip2 terus.Balik semua adonan dan panggang lagi hingga sisi bagian atas nya yg matang.Jgn ditinggal!.
  12. Setelah semua adonan habis dan matang dalam keadaan panas2 diolesin kue dgn mentega ya moms agar melekat dan ada rasa asin gurihnya.Kalau perlu sisi yg pertama dioles saat masih diatas kompor tapi api udah mati.Kemudian baru disusul oles sisi lainnya. pindahkan ke wadah saji dan hidangkan.Menul2 kayak roti empuk tahan berhari2 kenyang sekali makan kue ini.Mujarab sekali obat lapar.Suami sekali makan habis 3 pdhl gede2 lho cetakkanku kan?😄💯👌👍👍👍.

Inilah resep membuat Kue Khamir Istimewa, silahkan dilakukan didapur anda dengan memperhatikan semua bahan dan langkah detail tersebut diatas. Ingat dibookmark halaman ini sehingga anda bisa dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau berharap mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terbaru dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Setiap manusia punya kesempatan baru, jangan kamu terpaku dengan masa lalu mu. Lihat ke luar dan syukuri segala nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Selamat pagi.”