Bhukgebhuk (Olahan Ketan Gula Merah). Merdeka.com – Olahan tepung ketan kerap kali menjadi santapan yang menggugah selera. Makanan khas Nusantara dari jenis kue tradisional, banyak menggunakan tepung ketan. Lihat juga resep Gemblong Ketan Putih enak lainnya..

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Wajik ketan adalah kudapan khas Jawa Tengah yang memakai beras ketan, santan, dan gula merah. Teksturnya memang lengket, tapi rasanya begitu manis dan legit di mulut. Sayang, wajik ketan mulai langka di pasar tradisional atau toko kue.

Apakah anda sedang mencari ide untuk resep bhukgebhuk (olahan ketan gula merah) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bhukgebhuk (olahan ketan gula merah) yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Merdeka.com – Olahan tepung ketan kerap kali menjadi santapan yang menggugah selera. Makanan khas Nusantara dari jenis kue tradisional, banyak menggunakan tepung ketan. Lihat juga resep Gemblong Ketan Putih enak lainnya..

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bhukgebhuk (olahan ketan gula merah), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan bhukgebhuk (olahan ketan gula merah) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah bhukgebhuk (olahan ketan gula merah) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bhukgebhuk (Olahan Ketan Gula Merah) memakai 5 bahan dan 1 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bhukgebhuk (Olahan Ketan Gula Merah):

  1. Sediakan 3 cangkir parutan kelapa (dari 1 buah kelapa yang muda).
  2. Gunakan 2 cangkir tepung ketan.
  3. Sediakan secukupnya Gula jawa/ gula merah (pipihkan atau boleh diserut).
  4. Siapkan 1/4 sdt garam (seujung sendok/sedikit saja).
  5. Gunakan secukupnya Pandan (buat alas).

Kalau ingin buat sendiri, beras ketan perlu dikukus terlebih dulu. Sadar atau nggak ternyata jajanan tradisional dalam negeri itu hampir sebagian besar terbuat dari ketan. Tepung ketan putih dan gula merah menjadi bahan utama pembuatan kue ini. Resep Kue Talam Ketan – Kue menjadi salah satu hidangan yang umum ditemukan nyaris pada saat acara apa saja, mulai dari ulang tahun, pernikahan, camilan di sore hari sampai dengan upacara adat.

Cara menyiapkan Bhukgebhuk (Olahan Ketan Gula Merah):

  1. Campur parutan kelapa, tepung ketan dan garam. Cetak di loyang yang dialasi pandan. Isi gula merah, timbun lagi dengan campuran tadi. Kukus 10-15menit. Perbandingan parutan kelapa dengan tepung ketan 3:2.

Kue bisa kita beli dalam keadaan siap santap ataupun kita olah sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di toko dan pasar tradisional. Biji salak terbuat dari tepung ketan yang dicampur dengan air, gula merah cair, dan garam. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian dibentuk bulat-bulat lalu direbus hingga matang. Biji salak biasanya disajikan dalam kolak bersama dengan kuah santan dan gula merah. Klepon merupakan salah satu jajanan pasar yang lazim kita temui.

Demikianlah resep mudah membuat Bhukgebhuk (Olahan Ketan Gula Merah), mari disajikan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan bahan dan langkah langkah detail tersebut. Ingat dibookmark web ini sehingga anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep termudah dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Bangun pagi dan rasakan betapa istimewanya hidup ini. Syukuri semua nikmat yang telah kau dapatkan hingga saat ini.”