Ote-ote, bala-bala, bakwan sayur. Bakwan sayur is Indonesian deep fried vegetable fritters. Found nation wide, mostly sold by street food vendors, the most popular version uses a mix of cabbage, carrot, and mung bean sprouts. Some regions in Indonesia call this as bala-bala, though it is more widely known as bakwan sayur. (Indonesian Vegetable Fritters, Bala Bala, Bala-Bala, Ote Ote, Ote-Ote, Bakwan Sayur) Bakwan or bala bala are popular Indonesian mixed vegetable fritters.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Weci, Ote ote atau Bala Bala resep ote ote spesial. Weci, heci, bala bala atau ote ote merupakan nama lain bakwan sayur. Di berbagai daerah, terutama di Jawa Timur bentuk bakwan sayur nya biasanya lebih gendut.

Sedang mencari ide resep ote-ote, bala-bala, bakwan sayur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ote-ote, bala-bala, bakwan sayur yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ote-ote, bala-bala, bakwan sayur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ote-ote, bala-bala, bakwan sayur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Bakwan sayur is Indonesian deep fried vegetable fritters. Found nation wide, mostly sold by street food vendors, the most popular version uses a mix of cabbage, carrot, and mung bean sprouts. Some regions in Indonesia call this as bala-bala, though it is more widely known as bakwan sayur. (Indonesian Vegetable Fritters, Bala Bala, Bala-Bala, Ote Ote, Ote-Ote, Bakwan Sayur) Bakwan or bala bala are popular Indonesian mixed vegetable fritters.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah ote-ote, bala-bala, bakwan sayur yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ote-ote, bala-bala, bakwan sayur menggunakan 17 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Ote-ote, bala-bala, bakwan sayur:

  1. Sediakan 1/4 kg tepung terigu.
  2. Gunakan 2 sdm tepung beras.
  3. Gunakan 1 sdt merica bubuk.
  4. Sediakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  5. Gunakan 100 gr sayur kol iris.
  6. Siapkan 50 gr kecambah kacang hijau.
  7. Sediakan 1 bh ukuran besar wortel iris korek api.
  8. Gunakan secukupnya garam.
  9. Sediakan optional msg.
  10. Ambil 1 gls air.
  11. Gunakan kunyit geprek.
  12. Ambil bumbu halus :.
  13. Gunakan 7 siung bawang putih.
  14. Gunakan 1 btr kemiri.
  15. Sediakan 5 bh cabe kecil jika suka.
  16. Siapkan bahan pelengkap :.
  17. Gunakan cabe rawit atau cabe hijau kecil.

Adonan dan bumbu bakwan sayur nya sebenarnya sama. Bedanya cuma waktu pemasakan menggunakan sendok sayur yang cekung atau. apabila bala-bala umumnya mempunyai wujud yang acak atau berantakan, bakwan dan ote-ote biasanya berbentuk bulat atau terang bulan. Kita dapat menggunakan centong sayur bagi mencetaknya, namun jangan sampai yang terlalu tebal agar nanti mudah dilepaskan atau gak lengket di cetakan. makin panas minyaknya merata jadi adonan dapat kian cepat dan mudah lepas, tapi cukup gunakan api yang agak kecil. Di Jawa Barat bakwan disebut "bala-bala", sedangkan di Jawa Tengah khususnya di daerah Pati disebut "Pia-pia".

Langkah-langkah menyiapkan Ote-ote, bala-bala, bakwan sayur:

  1. Masukan jadi satu wadah tepung terigu,tepung beras,merica, ketumbar, garam, kecambah kacang hijau, dan bumbu halus aduk rata, tambah air berlahan sampai habis, masukan semua sayur aduk rata..
  2. Panaskan wajan atau teflon, masukan minyak, panaskan minyak, masukan sendok sayur untuk mencetak bala bala, jika tidak punya seperti digambar, bisa pakai sendok sayur biasa, jika sendok sayur sudah panas masukan geprekan kunyit, angkat sendok sayur isi dengan adonan tadi rapikan, masukan kedalam minyak gorang tadi goyang goyang hingga lepas goreng sampai matang lakukan sampai habis,.
  3. Setelah diangkat dari wajan tiris di dalam wadah saringan aluminium atau sendok saringan atau dalam nampan isi tissue siap dihidangkan. selamat mencoba..

Dan dibeberapa daerah lain bakwan disebut "ote-ote" dan "weci". Jika dilihat bakwan goreng ini mirip sekali dengan masakan Jepang yasai tenpura, sehingga banyak pula yang menyebut bakwan adalah Tempura Sayur. Jika ditelusuri bakwan sebenarnya berasal dari Tiongkok. Bakwan sering dijadikan camilan atau teman makan nasi. Rasa gurih dan renyahnya disukai semua orang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Ote-ote, bala-bala, bakwan sayur yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!