Soto Tangkar Ayam πŸ—πŸŒΆπŸ…. Resep soto tangkar khas betawi kami coba hadirkan pada blog sederhana ini, dimana resep soto ini adalah masakan tradisional yang berasal dari Jakarta. Dari namanya yang sedikit asing, tapi jika sudah pernah mencoba pasti tahu akan kuahnya yang berasa gurih serta sedikit pedas. Bikinnya udah lama baru sempet nulis.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kata 'tangkar' berasal dari bahasa Betawi yang berarti iga sapi. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, para penjajah biasanya memotong sapi ketika mereka berpesta.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep soto tangkar ayam πŸ—πŸŒΆπŸ… yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto tangkar ayam πŸ—πŸŒΆπŸ… yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto tangkar ayam πŸ—πŸŒΆπŸ…, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan soto tangkar ayam πŸ—πŸŒΆπŸ… yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Resep soto tangkar khas betawi kami coba hadirkan pada blog sederhana ini, dimana resep soto ini adalah masakan tradisional yang berasal dari Jakarta. Dari namanya yang sedikit asing, tapi jika sudah pernah mencoba pasti tahu akan kuahnya yang berasa gurih serta sedikit pedas. Bikinnya udah lama baru sempet nulis.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat soto tangkar ayam πŸ—πŸŒΆπŸ… yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Tangkar Ayam πŸ—πŸŒΆπŸ… menggunakan 30 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Tangkar Ayam πŸ—πŸŒΆπŸ…:

  1. Ambil 1 ekor ayam (potong 12).
  2. Siapkan 2 bungkus santan kara (65 ml).
  3. Siapkan 2 sachet royco.
  4. Sediakan Secukupnya gula pasir.
  5. Sediakan Seckupnya air.
  6. Sediakan Bumbu Halus :.
  7. Siapkan 10 siung bawang merah.
  8. Gunakan 6 siung bawang putih.
  9. Ambil 4 buah cabe merah keriting.
  10. Siapkan 5 buah cabe rawit.
  11. Gunakan 4 buah kemiri.
  12. Ambil 1 ruas jahe.
  13. Sediakan 1 ruas kunyit.
  14. Ambil 1 sdt jinten.
  15. Gunakan 1 sdt ketumbar.
  16. Sediakan Bumbu Kasar :.
  17. Siapkan 1 ruas lengkuas.
  18. Ambil 2 lembar daun salam.
  19. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  20. Siapkan 2 batang sereh.
  21. Sediakan 1 batang kayu manis.
  22. Siapkan 3 buah cengkeh.
  23. Sediakan 1/2 keping gula merah.
  24. Siapkan Bahan Pelengkap :.
  25. Ambil 3 buah kentang (goreng).
  26. Sediakan 3 buah tomat merah.
  27. Gunakan Secukupnya acar.
  28. Sediakan Secukupnya daun bawang.
  29. Sediakan Secukupnya bawang goreng.
  30. Sediakan Secukupnya sambal dan kecap manis.

Akan tetapi, mereka tidak menggunakan semua bagian sapi. Salah satu bagian yang disisakan adalah iga sapi. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak.

Cara membuat Soto Tangkar Ayam πŸ—πŸŒΆπŸ…:

  1. Cuci bersih ayam, lalu rebus ayam tambahkan daun salam, daun jeruk dan sereh yang sudah digeprek. Rebus ayam sampai matang, lalu angkat dan sisihkan air rebusan ayamnya..
  2. Setelah ayam rebus sudah agak dingin, suwir-suwir ayam agak besar dan sisihkan..
  3. Tumis bumbu halus dan sisa bumbu kasar (lengkuas, kayu manis, dan cengkeh). Tumis sampai bumbu benar-benar matang dan setelah matang tambahkan sedikit air dan masukkan irisan gula merah. Aduk sampai gula larut..
  4. Setelah bumbu semua matang, masukkan bumbu kedalam air rebusan ayam tadi. Masak sampai kuah soto mendidih..
  5. Setelah mendidih, masukkan santan, royco dan gula pasir. Aduk sampai rata, cek rasa dan masak kuah soto kembali sampai mendidih kurang lebih 5 menit..
  6. Setelah itu matikan kompor dan soto siap disajikan dengan pelengkap lainnya dan juga nasi hangat. 🍚🍲.

Meskipun demikian, rasa soto ayam Lamongan tidak kalah dengan hidangan-hidangan mewah. Rasanya yang gurih diperoleh dari bumbu-bumbu rempah seperti jahe, merica, ketumbar, dan kemiri. Soto tangkar legendaris ini telah tak dapat ditolak kelezatannya. Soto tangkar di sini punya kuah yang kental dan berwarna kemerahan. Pengelola Soto tangkar ini sekarang Bapak Hasan dan Bapak Junaidi, yang merupakan usaha turun temurun dari Bapak H.

Demikian cara membikin Soto Tangkar Ayam πŸ—πŸŒΆπŸ…, mari disajikan didapur anda dengan mengikuti semua bumbu dan langkah detail tersebut. Silahkan dibookmark halaman ini jadi anda bisa dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terpopuler dari kami. Happy Cooking. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Sambut pagi hari dengan semangat baru. Jangan mengeluh tentang hari kemarin. Jadikan hari kemarin sebagai pembelajaran dan hari ini sebagai upaya memperbaiki diri. Selamat pagi.”