Soto Betawi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda lagi mencari inspirasi untuk resep soto betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto betawi, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan soto betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah soto betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Soto Betawi memakai 21 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Soto Betawi:

  1. Sediakan 500 gram daging (tetelan).
  2. Gunakan 1 sachet kaldu bubuk.
  3. Siapkan 2 sdt garam.
  4. Siapkan 1/2 sdt gula pasir.
  5. Gunakan 1/2 sdt merica bubuk.
  6. Ambil 200 ml Santan Kara.
  7. Gunakan 100 ml susu cair(me: skip).
  8. Sediakan 2 liter air.
  9. Sediakan Bumbu halus.
  10. Gunakan 7 siung bawang putih.
  11. Ambil 5 siung bawang merah.
  12. Sediakan 1 cm kunyit.
  13. Sediakan 1 cm jahe.
  14. Sediakan 1 cm lengkuas memarkan.
  15. Gunakan 2 btg serei.
  16. Siapkan 3 lbr daun salam.
  17. Gunakan Bahan Pelengkap.
  18. Sediakan Tomat.
  19. Gunakan kentang (kripik kentang).
  20. Siapkan sambel.
  21. Ambil daun bawang.

Cara membuat Soto Betawi:

  1. Rebus sebentar daging untuk ambil kaldunya, angkat kemudian potong-potong sisihkan dahulu.
  2. Tumis bumbu halus sampai harum bersama serai dan daun salam. Kemudian masukkan potongan daging masak sampai mendidih.
  3. Pindahkan ke presto dengan air kaldu rebusan daging tadi. Tutup presto masak 7 menit dan matikan 30 menit jangan dibuka. Kemudian lanjut masak lagi 7 menit (dagingnya empuk dan hemat gas).
  4. Siapkan daun bawang, tomat dan kentang. Kemudian iris tipis kentang dan cuci bersih kemudian goreng.
  5. Buka presto masukkan santan kara, kemudian rebus kembali dengan api kecil. Tambahkan merica, garam, gula, kaldu sapi dan cek rasanya.
  6. Tata dimangkok irisan daging, tomat dan kripik kentang kemudian siram kuah soto, taburi bawang goreng dan siap disajikan bersama nasi dan sambal.

Inilah cara membikin Soto Betawi, ayo disajikan didapur anda dengan mengikuti semua bahan bahan dan petunjuk detail tersebut. Jangan lupa dibookmark website ini jadi anda mampu dengan mudah kembali kesini jika ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep termudah dari kami. Selamat masak. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Kamu memiliki dua pilihan setiap harinya. Melanjutkan tidur dan bermimpi, atau bangun untuk mengejarnya.”