Soto Betawi Campur.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep soto betawi campur yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto betawi campur yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto betawi campur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan soto betawi campur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah soto betawi campur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Soto Betawi Campur menggunakan 35 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Soto Betawi Campur:

  1. Siapkan 500 gr daging sandung lamur/sengkel.
  2. Siapkan 200 gr paru goreng.
  3. Siapkan 1,5 L air.
  4. Siapkan 500 ml santan dari 1 bh kelapa.
  5. Ambil 250 ml susu uht cair.
  6. Ambil 1 jempol jahe, geprek.
  7. Siapkan 2 siung bawang putih, geprek.
  8. Siapkan 2 sdm minyak samin.
  9. Siapkan secukupnya garam gula.
  10. Ambil Bumbu Halus.
  11. Sediakan 10 siung bawang merah.
  12. Sediakan 6 siung bawang putih.
  13. Siapkan 4 cm jahe.
  14. Gunakan 3 bh kemiri.
  15. Sediakan 1/2 sdt jintan sangrai.
  16. Gunakan 1 sdm ketumbar butir sangrai.
  17. Siapkan 1 sdm merica bulat.
  18. Sediakan 1 sdt pala bubuk.
  19. Gunakan Bumbu Cemplung.
  20. Siapkan 5 cm kayu manis.
  21. Gunakan 4 cm lengkuas, geprek.
  22. Ambil 2 bh sereh, geprek.
  23. Sediakan 4 lembar daun salam.
  24. Siapkan 6 butir cengkeh.
  25. Gunakan 3 sdm minyak goreng.
  26. Gunakan Pelengkap.
  27. Gunakan 1 bh tomat potong dadu kecil.
  28. Sediakan 2 bh kentang potong dadu, goreng.
  29. Sediakan daun bawang, iris halus.
  30. Gunakan emping.
  31. Siapkan telur rebus.
  32. Sediakan acar timun.
  33. Gunakan bawang goreng.
  34. Siapkan sambal rawit.
  35. Sediakan jeruk limo.

Langkah-langkah membuat Soto Betawi Campur:

  1. Rebus air, masukkan daging, buang kotoran yang mengapung, lalu rebus kembali dengan jahe dan bawang putih hingga berkaldu dan daging empuk lalu angkat daging dan potong dadu kecil..
  2. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus, tambahkan bumbu cemplung, lalu tumis hingga harum dan bau langu hilang, setelah itu masukkan tumisan bumbu ke dalam kaldu rebusan daging..
  3. Tambahkan santan ke dalam panci, masak sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah, lalu tambahkan susu cair, bumbui dengan gula, garam dan lada sesuai selera. Setelah semua bahan masuk, masak kuah sampai tanak, matikan kompor, tambahkan minyak samin lalu aduk2 hingga minyak samin leleh dan merata..
  4. Penyajian : Siapkan potongan daging, potongan paru goreng, dan kentang goreng ke dalam mangkok, tuang kuah soto, tambahkan tomat, daun bawang, taburan emping, dan bawang goreng. Sajikan bersama acar timun, sambal, dan jeruk limo..

Inilah resep mudah membikin Soto Betawi Campur, mari disajikan ditempat anda dengan memperhatikan semua bumbu dan petunjuk detail tersebut diatas. Ingat dibookmark web ini agar anda bisa dengan mudah kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau berharap menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terbaru dari kami. Selamat memasak!. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Pagi hari harus lah di sambut dengan rasa syukur dan senyuman yang hangat. Rasa syukur karena masih dapat melihat indahnya ciptaan Tuhan di dunia. Selamat pagi.”