12. Bolu Pandan Kukus (no mixer, serba 3 sdm). Di Vidio ini saya buat dengan menggunakan mikser. Jika teman-teman tidak memiliki mikser, bisa menggunakan whisk ya. Lagi males ngocok manual hihi 🤭.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer. Matikan mixer, kemudian tambahkan pasta cokelat, aduk dengan spatula. Bolu kukus adalah menu wajib di setiap besek syukuran.

Sedang mencari inspirasi resep 12. bolu pandan kukus (no mixer, serba 3 sdm) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal 12. bolu pandan kukus (no mixer, serba 3 sdm) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 12. bolu pandan kukus (no mixer, serba 3 sdm), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan 12. bolu pandan kukus (no mixer, serba 3 sdm) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di Vidio ini saya buat dengan menggunakan mikser. Jika teman-teman tidak memiliki mikser, bisa menggunakan whisk ya. Lagi males ngocok manual hihi 🤭.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah 12. bolu pandan kukus (no mixer, serba 3 sdm) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan 12. Bolu Pandan Kukus (no mixer, serba 3 sdm) memakai 9 bahan dan 11 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan 12. Bolu Pandan Kukus (no mixer, serba 3 sdm):

  1. Ambil Mentega untuk oles cetakan (me: forvita).
  2. Siapkan 1 butir telur, suhu ruang ya.
  3. Gunakan 3 sdm gula pasir (segini udah manis. kalo suka lebih manis boleh ditambah).
  4. Ambil 1/4 sdt baking powder.
  5. Siapkan 1 sachet skm putih.
  6. Ambil 3 sdm air hangat.
  7. Ambil 3 sdm tepung terigu (me: tanpa merk, beli di warung).
  8. Siapkan 3 sdm minyak goreng (yg baru ya😂).
  9. Sediakan 1 tetes perisa pandan.

Kamu bisa bikin yang lebih nikmat di rumah dengan resep dan cara membuat bolu kukus berikut ini! Apa lagi kalau bukan bolu kukus pandan. Mixer baking powder, kuning telur, gula pasir, soda kue hingga mengembang. Sajian kue bolu kukus mungkin tak lagi asing ditelinga anda.

Cara membuat 12. Bolu Pandan Kukus (no mixer, serba 3 sdm):

  1. Panaskan kukusan, tutupnya alasi pake kain bersih ya..
  2. Kocok telur dan gula sampai mengembang. (Warnanya putih).
  3. Masukkan tepung dan baking powder sambil diayak. Aduk balik pake spatula. (Aduk balik: yg bawah jadi di atas, bukan aduk memutar, oke 😊).
  4. Tambahkan air dan minyak goreng. Aduk balik lagi..
  5. Tambahkan skm. Aduk balik lagi..
  6. Terakhir, masukkan perisa pandan. Aduk balik sampe rata..
  7. Olesi cetakan pake mentega. (Me: cetakan puding yg kecil, yg 16 slice).
  8. Masukkan adonan ke cetakan. (Me: cuma jadi setengah cetakan) jangan lupa diratakan ya).
  9. Kukus adonan dengan api kecil aja selama 45 menit..
  10. Angkat bolu kalo sudah matang. (Tandanya bolu udah gk lengket di cetakan) Setelah matang jadi full cetakan ya. (Me: ngintip 15 menit pertama udah begini, jadi so happy 😆😆).
  11. Voilaaa bolu pandan kukus siap dilahap. (Misua: enak katanya, empuk) 😆.

Nah, bila biasanya anda seringkali mencicipi sajian kue bolu ini dengan tekstur yang empuk dari telur. Bolu pandan adalah variasi dan aneka kreasi dari kue bolu dengan sentuhan aroma pandan hijau wangi yang enak dan harum menjadikan kue bolu ini disenangi dan diminati oleh anak-anak dan Jenis variasi lain dari resep bolu pandan, yaitu bolu pandan kukus yang menggunakan santan kental. Mengenal bolu kukus rasanya belum lengkap tanpa mengetahui sejarah dan cara membuat bolu kukus itu sendiri. Bolu atau cake sebenarnya berasal dari daratan Eropa yang diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia oleh bangsa Belanda pada masa penjajahan. Persiapkan cetakan bolu kukus yang berbentuk seperti cetakan muffin.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat 12. bolu pandan kukus (no mixer, serba 3 sdm) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!