Sambal terong + pindang. Makanan khas daerah Sumatera Utara Indonesia yang khas dengan sambalnya yang super pedas. Ciri khas Sumatera Utara yang khas dengan suara keras tapi hatinya l. Resep ini akan memadukan sambal dengan terong, yang rasanya luar biasa lezat hingga mampu menggugah selera.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sambal Terong adalah Sambal berkuah yang diolah dengan sambal gongso berbahan dasar terong kualitas terbaik. Banyak yang menyebutnya gereh, banjar atau apapun. Sambal goreng kentang teri terong enak lainnya.

Anda sedang mencari inspirasi resep sambal terong + pindang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sambal terong + pindang yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal terong + pindang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan sambal terong + pindang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Makanan khas daerah Sumatera Utara Indonesia yang khas dengan sambalnya yang super pedas. Ciri khas Sumatera Utara yang khas dengan suara keras tapi hatinya l. Resep ini akan memadukan sambal dengan terong, yang rasanya luar biasa lezat hingga mampu menggugah selera.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sambal terong + pindang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sambal terong + pindang menggunakan 10 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sambal terong + pindang:

  1. Siapkan 1 Terong Ungu ukuran besar.
  2. Ambil 6 Ikan Pindang kecil.
  3. Siapkan Bumbu sambal.
  4. Ambil 3 Siung Bawang Putih.
  5. Siapkan 3 Siung Bawang Merah.
  6. Ambil 6 Cabe Rawit (sesuaikan dengan keinginan).
  7. Ambil 2 Cabe Merah Besar.
  8. Gunakan 3 Cabe Keriting.
  9. Gunakan 1 Tomat ukuran sedang.
  10. Gunakan 1 Terasi ABC.

Salah satu menu andalan sambal ala rumahan adalah sambal goreng ati. Agar sambal goreng ati tidak amis di lidah, penting buatmu untuk menggunakan asam jawa dan gula jawa yang cukup. Sambal goreng merupakan makanan pelengkap yang tak boleh dilewatkan. Sambal goreng memiliki rasa yang nikmat serta aromanya khas, sehingga seringkali menggoda untuk disantap.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal terong + pindang:

  1. Cuci bersih ikan pindang, kemudian goreng hingga ikan pindang kering (gurih).
  2. Sambil menunggu pindang, potong terong sesuai selera. Punya saya dipotong membentuk setengah lingkaran.
  3. Goreng terong hingga empuk. Jangan sampai gosong. Tiriskan bersama pindang yang sudah digoreng tadi.
  4. Ulek semua bumbu sambal, tidak usah terlalu halus.
  5. Panaskan 2 sdm minyak di wajan.
  6. Pindahkan sambal dari cobek ke wajan, tambahkan garam dan gula.
  7. Aduk terus sambal diwajan sekitar 2 menit, tambahkan air kurleb 150 ml apabila sambal mengental.
  8. Masukkan terong dan pindang kedalam sambal. Aduk hingga merata.
  9. Tutup wajan, biarkan selama 3-5 menit agar rasa sambal meresap ke terong dan pindang.
  10. Matikan kompor, sambal terong pindang siap disajikan.

Ada juga sambal terong dengan paduan ikan asin, juga tak kalah enak bisa-bisa nasi sebakul habis. Untuk resepnya silahkan lihat di Sambal Terong Ikan Jambal. Lihat ide lainnya tentang Gundul, Wanita, Rambut hitam bergelombang. RESEP SAMBAL – Nggak lengkap rasanya kalau makan nggak pakai sambal. Sambal seolah menjadi pelengkap yang nggak bisa dipisahkan untuk masyarakat Indonesia.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sambal terong + pindang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!