Gurame Asam Manis. Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Resep Gurame Asam Manis – Ikan gurame yaitu salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar. Ikan ini juga cukup popular di kalangan masyarakat Indonesia dengan pengolahan yang cukup beragam. Mulai dari digoreng, dibakar, dipepes, ditumis bahkan dimasak asam manis.

Anda sedang mencari ide resep gurame asam manis yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gurame asam manis yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gurame asam manis, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan gurame asam manis enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Sebenernya kurang suka banget sama makanan yang asam manis kayak begini, cuma Mamaku selalu pengen dan pengen sampai bilang 'yuk ka, buat asam manis. Lihat juga resep Gurame Asam Manis enak lainnya. Salah satu ikan air tawar yang banyak disukai ialah ikan gurame.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gurame asam manis yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Gurame Asam Manis memakai 26 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Gurame Asam Manis:

  1. Gunakan 200 gram fillet ikan gurame, potong menjadi ukuran kecil.
  2. Siapkan 1/2 sdt garam.
  3. Ambil 1/2 sdt merica bubuk.
  4. Siapkan 100 gram nanas, potong dadu.
  5. Siapkan 1/2 buah paprika merah, potong dadu.
  6. Siapkan 1/2 buah paprika hijau, potong dadu.
  7. Gunakan 1/2 buah bawang bombai, potong tipis memanjang.
  8. Sediakan 2 buah bawang putih, cincang halus.
  9. Gunakan 2 sdm minyak goreng untuk menumis.
  10. Siapkan Bahan dan Bumbu Tepung Ikan Goreng.
  11. Ambil 8 sdm tepung terigu.
  12. Siapkan 4 sdm tepung maizena.
  13. Siapkan 1/2 sdt baking powder.
  14. Sediakan 1/2 sdt garam.
  15. Siapkan 1/2 sdt merica bubuk.
  16. Sediakan 100 mL Air.
  17. Siapkan Minyak goreng.
  18. Ambil Bahan dan Bumbu saus.
  19. Ambil 2 sdm saus tomat.
  20. Sediakan 3 sdm saus sambal.
  21. Siapkan 1 sdt cabai bubuk.
  22. Gunakan 2 sdm gula pasir.
  23. Siapkan 2 sdm air jeruk nipis/lemon.
  24. Ambil 1 sdm saus tiram.
  25. Gunakan 1/2 sdt garam.
  26. Ambil 1 sdt maizena, larutkan dengan 100 mL air.

Resep Gurame Asam Manis – Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dan asam lemak yang sangat baik bagi tubuh. Sehingga banyak orang yang mengkonsumsi ikan sebagai menu masakan sehari-hari. Adapun ikan yang paling sering dan mudah kita jumpai di pasar tradisional maupun swalayan adalah ikan patin, ikan lele, ikan salmon, ikan mas dan juga ikan gurame / gurameh. ID – Resep Gurame Asam Manis – Berbicara mengenai ikan gurame pastinya banyak yang mengenal ikan tersebut.

Langkah-langkah membuat Gurame Asam Manis:

  1. Masukkan bumbu ikan goreng (kecuali air) dalam sebuah wadah, aduk hingga tercampur rata. Ambil sebagian tepung, masukkan ke dalam wadah yang berbeda dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Tepung untuk menggoreng ikan terbagi menjadi dua, yaitu tepung kering dan tepung basah (tepung yang dicampur air)..
  2. Siapkan ikan yang sudah dipotong – potong, lumuri dengan garam dan merica bubuk. Masukkan ikan ke dalam tepung kering – tepung basah – tepung kering lagi. Usahakan memasukkan ikan ke dalam tepung satu per satu sambil ditekan pelan dan dicubit agar tepung menempel dengan baik. Goreng ikan sampai matang dan warnanya kecoklatan. Angkat dan tiriskan..
  3. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum dan matang. Masukkan bahan saus kecuali maizena, aduk dan masak hingga mendidih..
  4. Masukkan nanas dan paprika, masak hingga paprika layu. Tambahkan maizena yang sudah dilarutkan dengan air dan masak sampai mendidih. Cicipi rasanya, saus seharusnya terasa asam dan manis. Masak sampai saus mengental. Angkat dan tuangkan ke permukaan ikan yang sudah digoreng. Sajikan dengan segera agar ikan masih terasa crispy..

Dimana ikan gurame ini dari segi tekstur daging terbilang padat bahkan juga lembut. Biasanya anda bisa dengan mudah menemuinya baik di pasar tradisional maupun supermarket sekalipun. Ikan gurame selain di masak dengan di goreng bersama bumbu sederhana. Ikan gurameh juga bisa di masak menjadi Ikan Gurame Asam Manis, fillet gurame asam manis, ikan gurame bakar, gurame garing asam manis pedas, sup ikan gurame, pecak gurame, pepes ikan gurame, dan gurame asam manis pedas. Pada dasarnya, resep ikan gurame pada umumnya dibagi menjadi tiga macam, yaitu bakar, rebus dan goreng.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan gurame asam manis yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!