Molen pisang. Jajanan gorengan Pisang Molen yang disukai semua kalangan dan usia ini tak kan hilang ditelan zaman digemari masyarakat Indonesia. Pisang memang juara dan enak diolah jadi sajian apapun. Seperti digoreng, dibakar, dibuat kue, dibuat puding, dan masih banyak lagi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Molen pisang merupakan salah satu makanan yang terbuat dari buah pisang yang kemudian dilapisi dengan tepung terigu. Makanan ini memiliki rasa yang cukup manis dan dijual dengan harga yang sangat ekonomis, sehingga banyak sekali yang suka molen pisang. Saat ini ada banyak sekali jenis molen pisang seperti molen pisang coklat, molen pisang, keju, dan lain sebagainya.

Sedang mencari inspirasi resep molen pisang yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal molen pisang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari molen pisang, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan molen pisang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Jajanan gorengan Pisang Molen yang disukai semua kalangan dan usia ini tak kan hilang ditelan zaman digemari masyarakat Indonesia. Pisang memang juara dan enak diolah jadi sajian apapun. Seperti digoreng, dibakar, dibuat kue, dibuat puding, dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan molen pisang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Molen pisang memakai 9 bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Molen pisang:

  1. Gunakan 200 gr tepung terigu (segitiga biru).
  2. Sediakan 3 sdm maizena.
  3. Siapkan 3 sdm gula halus.
  4. Siapkan Sejumput vanili.
  5. Siapkan Sejumput garam.
  6. Ambil 1 butir telur.
  7. Ambil 50 gr air es.
  8. Gunakan 50 gr margarine yang sudah di lelehken.
  9. Ambil Secukupnya pisang yang sudah matang.

Pisang molen adalah makanan berbahan dasar pisang yang dibalut dengan dengan kulit yang terbuat dari tepung. Tepung ini diolah sedemikian rupa menjadi lembaran tipis yang menyerupai kulit. Rasanya begitu enak, perpaduan antara pisang yang manis dengan kulit yang gurih dan renyah menjadikan cemilan yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Agar kulit molen merekat pada buah pisang dengan baik, olesi kulit molen dengan telur.

Langkah-langkah membuat Molen pisang:

  1. Siapkan bahan, campurkan terigu,maizena,vanili,garam dan gula halus,lalu aduk merata,tambahkan margarine yang sudah di cairkan,aduk hingga merata.
  2. Lalu tambahkan 1 btrbtelur ayam, aduk hingga merata,tambahkan air es sedikit demi sedikit,uleni hingga kalis, lalu diamkan adonan selama 15 menit, sambil menunggu adonan didiamkan, potong pisang menjadi 3 bagian(1 bh pisang) lalu goreng pisang sebentar supaya empuk..
  3. Setelah 15 menit,gilas adonan hingga tipis,potong2 panjang lalu lilitkan dalam pisang yang sudah di goreng,lakukan hingga habis,lalu goreng dengan api kecil saja..

Goreng molen hingga warnanya berubah menjadi kuning kecokelatan. Pisang Molen Mang Aa lebih sederhana. Seperti gorengan biasa, berupa potongan pisang yang dibalut kulit adonan terigu—semacam pastry—mengikuti potongan pisang itu, lalu digoreng. Tentu harganya pun tak semahal Pisang Bolen Kartika Sari. Pisang molen memang banyak dikreasikan untuk isiannya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat molen pisang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!