Donat Kampung Tanpa Kentang. Variasi Donat Lainnya: Resep Donat Tanpa Kentang Topping Madu. Entah mengapa Saya lebih suka donat yang luarnya crispy tapi dalamnya lembut. Rasanya lebih lezat, dan enak dimakan begitu saja walaupun tanpa toping manis.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Donat Ekonomis Tanpa Telur Lembut Mengembang Tanpa Cetakan Siapa sangka, donat kentang menjadi primadona d itengah-tengah masyarakat pecinta donat. Nah buat kamu yang ingin membuat donat kentang empuk serta enak, ada beberapa resep yang bisa kamu tiru.

Lagi mencari inspirasi resep donat kampung tanpa kentang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal donat kampung tanpa kentang yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari donat kampung tanpa kentang, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan donat kampung tanpa kentang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Variasi Donat Lainnya: Resep Donat Tanpa Kentang Topping Madu. Entah mengapa Saya lebih suka donat yang luarnya crispy tapi dalamnya lembut. Rasanya lebih lezat, dan enak dimakan begitu saja walaupun tanpa toping manis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat donat kampung tanpa kentang sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Donat Kampung Tanpa Kentang memakai 7 bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Donat Kampung Tanpa Kentang:

  1. Ambil 200 ml air es/susu cair UHT dingin (bs kurang/lbh).
  2. Gunakan 8-10 gr ragi instant (fermipan).
  3. Ambil 4 kuning telur.
  4. Sediakan 65 gr gula pasir.
  5. Ambil 4 gr garam.
  6. Sediakan 500 gr tep. Protein Tinggi (Cakra/Komachi).
  7. Siapkan 100 gr butter/margarin.

Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Senin. Cara Membuat Donat Kentang – Donat merupakan salah satu kue atau cemilan yang sangat populer di dunia. Donat kampung merupakan salah satu variasi kue donat biasanya memiliki ukuran yang relatif kecil. kue donat kampung menjadi jajanan yang cukup merakyat karena harganya yang cukup terjangkau dengan cita rasanya yang enak. Biasanya kue donat kampung diberi taburan gula atau coklat meses.

Langkah-langkah membuat Donat Kampung Tanpa Kentang:

  1. Masukkan semua bahan, kecuali butter & garam. Uleni hingga kalis, kalo pakai mixer tandanya adonan tidak lengket di dinding2 bowl. Untuk air tuang setengahnya dl, selanjutnya tuang pelan2 sampai didapat adonan yg pas. Takaran air bs berbeda, tergantung kadar kelembapan tepung.
  2. Setelah dirasa kalis, masukkan butter & garam. Lanjut uleni sampai kalis elastis. Tanda adonan kalis elastis spt foto berikut.
  3. Bulatkan adonan, lalu diamkan sampai mengembang 2x lipat (kurang lebih 1 jam). Pada saat didiamkan tutup dgn serbet basah spy permukaan atasnya tdk kering.
  4. Setelah adonan mengembang 2x lipat, tonjok2 adonan sampai kempes atau uleni lagi sebentar saja (agar udaranya keluar).
  5. Bagi2 adonan, masing2 kurang lbh 50-60 gr. Kalo bagi adonan pakai alat Scraper ya biar serat donat tdk rusak.
  6. Setelah adonan dibagi2, bulatkan masing2 adonan. Letakkan pd loyang/nampan lalu alasi dgn kertas minyak + taburi tepung tipis. Usahakan pada saat rounding ini bs bulat mulus ya biar donatnya nanti jg mulus.
  7. Goreng donat dgn minyak padat, kalo tdk ada pake minyak goreng biasa bs ditambah dgn shortening. Kalo tdk ada shortening, minyak goreng aja gpp. Goreng dgn minyak yg cukup banyak & api kecil. Tips pd saat goreng donat, cukup balik 1x aja biar bs keluar white ring & gak terlalu berminyak.
  8. Setelah proses rounding, diamkan lg sampai mengembang 2x lipat (cara tesnya, coba tekan sedikit permukaan donat dgn jari telunjuk. Kalo permukaan td bs naik lg brarti sudah cukup). Jgn sampe overprooving ya, nanti donatnya jd keriput2.
  9. Donat siap di topping.

Donat kentang adalah salah satu resep kue yang paling sederhana dan mudah dibuat tanpa menggunakan peralatan membuat kue pada umumnya. Dengan fakta inilah, maka tidak heran jika banyak yang mencoba membuat resep ini bahkan hingga menjualnya. Karena donat kampung lebih sering dijual tanpa topping. Tapi jika suka, bisa diberi mesis bermentega atau gula halus. Meski dibuat dengan bahan biasa Selain itu, meski tanpa kentang, rasanya cukup empuk dan lembut.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat donat kampung tanpa kentang yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!