Yangyeom Tongdak / Ayam Goreng Korea. Masukkan ayam goreng ke dalam wajan berisi saus, aduk rata hingga seluruh bagian ayam terlumuri. Aduk sampai saus agak berkurang, tata di atas piring saji, taburkan wijen di atasnya. Sebenarnya ada cara lain yang menggoreng ayam hingga dua kali.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Julia Moskin, writing for The New York Times, called yangnyeom chicken "the apotheosis of the Korean style" of fried chicken. Lihat juga resep Ayam goreng korea Yangnyeom-tondak enak lainnya! Kali ini saya akan membuat AYAM GORENG KOREA terkenal dengan nama Yangnyeom Tongdak. makanan ini mempunyai ras yang khas yaitu perpaduan dari manis pedas.

Sedang mencari ide resep yangyeom tongdak / ayam goreng korea yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal yangyeom tongdak / ayam goreng korea yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari yangyeom tongdak / ayam goreng korea, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan yangyeom tongdak / ayam goreng korea yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Masukkan ayam goreng ke dalam wajan berisi saus, aduk rata hingga seluruh bagian ayam terlumuri. Aduk sampai saus agak berkurang, tata di atas piring saji, taburkan wijen di atasnya. Sebenarnya ada cara lain yang menggoreng ayam hingga dua kali.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat yangyeom tongdak / ayam goreng korea sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Yangyeom Tongdak / Ayam Goreng Korea menggunakan 18 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Yangyeom Tongdak / Ayam Goreng Korea:

  1. Gunakan 4 pcs sayap ayam, @ potong jd 3 bagian.
  2. Sediakan Air jeruk nipis / cuka.
  3. Sediakan 1 butir telur ayam.
  4. Sediakan Bahan Tepung Ayam Goreng.
  5. Ambil 1 sdm tepung beras.
  6. Sediakan 1 sdm tepung maizena.
  7. Siapkan 1 sdm tepung tapioka.
  8. Ambil 1 sdm tepung terigu.
  9. Siapkan 1/2 sdt baking soda.
  10. Sediakan Bahan Saus Ayam.
  11. Siapkan 3 buah bawang putih, cincang halus.
  12. Siapkan 1 ruas jahe, geprek.
  13. Siapkan 2 sdm saus tomat.
  14. Sediakan 2 sdm saus sambal.
  15. Ambil 2 sdm Gochujang.
  16. Gunakan 2 sdm madu.
  17. Sediakan secukupnya Garam gula.
  18. Gunakan Minyak Goreng.

Ceritanya saya nih penggemar drama korea. Jadi kepingin nyoba juga masak masakan ala ala korea. tapi tetep rasa disesuaikan sama lidah saya. hihi. Ada satu resep makanan korea yang mudah dibuat namun cocok dengan selera Indonesia, yaitu yangnyeom tongdak atau secara umum artinya adalah ayam goreng pedas khas Korea. Ayam goreng Korea ini diolah dengan perpaduan saus pedas manis gochujang, bawang putih, gula, dan bumbu-bumbu lainnya.

Langkah-langkah membuat Yangyeom Tongdak / Ayam Goreng Korea:

  1. Potong sayap ayam menjadu 3 bagian, kasih perasan jeruk nipis atau cuka. Diamkan 30 menit. Lalu cuci kembali ayam.
  2. Campur semua adonan bahan tepung ayam goreng menjadi satu.
  3. Masukan 1 butir telur ke dalam ayam, kemudian tambahkan sebagian bahan tepung ayam goreng. Aduk dan remas-remas.
  4. Panaskan minyak goreng, kemudian ayam di celupkan ke sisa adonan tepung kering. Lalu goreng ayam sampai setengah matang. Angkat dan tiriskan.
  5. Tunggu minyak agak dingin, goreng kembali lagi ayam yg digoreng setengah matang sampai matang sempurna. Ini tujuannya agar ayam crispy.
  6. Campur semua bahan saos, kecuali bawang putih dan jahe. Aduk rata semua bahan saos. Panaskan minyak di teflon, tumis bawang putih dan jahe lalu masukkan campuran saos. Tambahkan sedikit air, garam dan gula. Koreksi rasa, apabila sudah pas manis, asam dan pedasnya, masukkan ayam yang telah digoreng tadi, bolak balik agar saor tercampur rata.
  7. Setelah bumbu tercampur rata, matikan kompor dan angkat ayam. Sajikan dengan taburan biji wijen dan daun bawang. (Karena biji wijenku habis jadi sm daun bawang saja).

Menurut Chef Joko Santoso, mentor culinary business, yangnyeom tongdak layaknya ayam goreng tepung. Cita rasa dari makanan asal Negeri Gingseng ini sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Yangnyeom Tongdak dalam artian dari Wikipedia yaitu merupakan ayam goreng atau ayam yang dibumbui ala Korea. Yang di konsumsi. sebagai makanan cepat saji di bar atau sebagai camilan setelah makan di korea. Yangnyeom kurang lebih berarti dibumbui, Tongdak artinya ayam utuh.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat yangyeom tongdak / ayam goreng korea yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!