Moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel). Moto Maling, camilan khas Solo yang terbuat dari kulit melinjo. Banyak ditemukan di Solo, Jawa Tengah, moto maling terbuat dari kulit melinjo atau tangkil. Kendati nggak sepopuler saudaranya, yakni emping yang terbuat dari biji melinjo, camilan kering ini tetap punya penggemar hingga kini.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Motomaling dan sang dewa Q belinya di outletnya Si Jarwo di Matesih y gais. Buah melinjo dapat menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan stamina. Buah melinjo dapat diolah menjadi berbagai makanan ringan dengan cara mudah.

Anda sedang mencari inspirasi resep moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel) yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Moto Maling, camilan khas Solo yang terbuat dari kulit melinjo. Banyak ditemukan di Solo, Jawa Tengah, moto maling terbuat dari kulit melinjo atau tangkil. Kendati nggak sepopuler saudaranya, yakni emping yang terbuat dari biji melinjo, camilan kering ini tetap punya penggemar hingga kini.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel) menggunakan 12 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel):

  1. Ambil Bahan utama :.
  2. Sediakan Buah mlinjo (kupas ambil kulitnya).
  3. Gunakan secukupnya Air.
  4. Gunakan secukupnya Garam.
  5. Siapkan Bahan bumbu :.
  6. Ambil 10 bh cabai rawit.
  7. Gunakan 20 bh cabai keriting.
  8. Siapkan 2 siung bawang putih.
  9. Gunakan 6 siung bawang merah.
  10. Ambil secukupnya Garam.
  11. Siapkan secukupnya Penyedap rasa.
  12. Siapkan 3 sdt gula pasir.

Ketika kondisi tubuh sedang lelah atau tidak bersemangat, cobalah untuk mengkonsumsi emping atau camilan yang terbuat dari melinjo. Mata Maling atau Moto Maling merupakan camilan tradisional khas Solo yang terbuat dari kulit melinjo. Kulit melinjo berwarna merah harus dijemur terlebih dahulu sampai kering. Setelah itu, baru dibumbui dengan cabai, bawang, garam, gula dan bumbu rahasia lain.

Langkah-langkah membuat Moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel):

  1. Siapkan bahan-bahan. Kupas buah mlinjo, sisihkan kulit dan bijinya secara terpisah. Ambil wadah, tambahkan air secukupnya dalam wadah, masukkan kulit mlinjo ke dalam wadah yang sudah diberi air tersebut. Taburi garam sedikit saja. Biarkan sebentar..
  2. Siapkan penggorengan, nyalakan api sedang, goreng kulit mlinjo hingga matang. (tips : tanda matangnya kulit mlinjo, kulitnya mengembung) jangan sampai gosong ya bun, jika sudah matang merata. Angkat, tiriskan..
  3. Siapkan bahan bumbu. Haluskan cabai, bawang, dan garam. Siapkan wajan, beri sedikit minyak. Tunggu hingga panas. Lalu tumis bumbu halus hingga harum. Jangan lupa tambahkan penyedap rasa dan gula pasir. Masak hingga mendidih..
  4. Masukkan kulit mlinjo yang sudah digoreng tadi. Aduk hingga merata. Gunakan api kecil saja biar tidak gosong dan sambalnya menjadi karamel dengan sempurna..
  5. Jika sudah merata, test rasa. Aduk sebentar. Matikan api. Moto maling siap disajikan..

Pasalnya camilan gurih dapat dinikmati dengan aneka sambal ataupun saus sebagai pelengkapnya. Apalagi biasanya camilan gurih ini sangat nikmat Cocok banget nih buat kamu yang ingin mencoba resep simpel dan mudah ini. Nah buat kamu yang butuh referensi buat camilan apa hari ini, berikut. Gembok Motor Terbaik – Melindungi motor dengan sistem keamanan akan menghindarkan dari tindak pencurian. Banyak orang yang ingin merasa nyaman ketika meninggalkan kendaraan nya di tempat ramai atau juga parkiran.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat moto maling (camilan dari kulit mlinjo/tangkil simpel) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!