Roti Sobek. Rotinya lembutttt dan aku kasih isian coklat, kalo. Pastikan tutup panci kamu bungkus dengan kain, supaya uap airnya tidak menetes. Apabila sudah matang, matikan kompor dan keluarkan roti sobek.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Killer soft bread merupakan salah satu inovasi pembuatan roti tanpa proofing dua kali seperti roti pada umumnnya. Roti sobek merupakan salah satu jenis roti yang memiliki tekstur yang lembut, empuk dengan rasa yang manis. Mengapa roti ini disebut dengan roti sobek, sebab jenis roti sobek begitu mudah ketika disobek sehingga ingin menikmatinya tinggal disobek per bagiannya.

Sedang mencari ide resep roti sobek yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal roti sobek yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari roti sobek, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan roti sobek yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Rotinya lembutttt dan aku kasih isian coklat, kalo. Pastikan tutup panci kamu bungkus dengan kain, supaya uap airnya tidak menetes. Apabila sudah matang, matikan kompor dan keluarkan roti sobek.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah roti sobek yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Roti Sobek memakai 10 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Roti Sobek:

  1. Gunakan 350 gr tepung terigu (pro tinggi).
  2. Gunakan 1 btr telur.
  3. Ambil 50 gr gula pasir.
  4. Sediakan 5 gr instant yeast.
  5. Gunakan 1 sdm mentega.
  6. Siapkan 15 gr susu bubuk.
  7. Gunakan 150 ml air.
  8. Gunakan 1/2 sdt garam.
  9. Siapkan Chocolate filling / keju / butter (sck).
  10. Gunakan Mentega cair (sck untuk olesan).

Modal nekat yang dimiliki oleh Alfi ternyata membuahkan hasil. Usaha roti sobek ini sudah membuahkan sejumlah keuntungan. Baca juga: Resep Roti Sobek Lembut Warna-warni, Pakai Ragi Alami Sourdough "Kalau usaha harus mau pusing, harus mau repot. Membawa oven kan repot, nah itu harus dijalankan kalau mau bertahan.

Langkah-langkah membuat Roti Sobek:

  1. Siapkan bahan.
  2. Campur semua bahan kering, kecuali garam. Aduk rata.
  3. Masukkan telur dan tambahkan air, uleni sebentar hingga adonan menyatu. Tambahkan garam dan mentega, uleni hingga kalis ± 13 – 15 menit.
  4. Bulatkan adonan. Diamkan selama 1 jam sampai mengembang.
  5. Bagi adonan menjadi 16 bagian..
  6. Beri filling sesuai selera (disini saya pake Chocolate filling).
  7. Bulatkan lagi, pastikan filling tidak akan keluar. Letakkan pada loyang yang sudah dioles mentega tipis. Beri jarak sedikit. Diamkan ± 30 menit. Oles permukaan roti dengan mentega cair.
  8. Panaskan oven. Disini saya menggunakan oven tangkring, dipanaskan ± 5 menit dengan api kecil. Panggan roti ± 15 menit atau tergantung oven masing masing. Setelah matang, oles kembali permukaan roti dengan mentega cair. Siap dihidangkan.

Roti sobek adalah jenis roti lembut dan lezat, yang cocok dijadikan cemilan santai. Roti Sobek tergolong roti praktis dan mudah dibuat dengan bahan yang sederhana. Roti sobek sangat cocok untuk digunakjan sebagai bekal anak ke sekolah, bekal piknik dan bisa juga dijadikan untuk persediaan di rumah karena roti sobet awet tidak cepat basi. Roti yang dinikmati dengan cara menyobeknya, lantas membuat roti ini dinamakan dengan roti sobek. Roti ini tergolong praktis karena sering digunakan untuk mengganjal perut saat lapar melanda dan karena roti ini tidak mudah basi.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Roti Sobek yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!