Soto Banjar Istimewa. Bahan: dada ayam & tulangan sesuai kebutuhan,rebus sisihkan kaldunya, telor & bihun. Resep membuat soto banjarmasin daging ayam kampung enak dan istimewa soto khas banjar ini cocok dijadikan menu sarapan maupun makan siang yang spesial. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Cara penyediaan tak susah sangat cuma memerlukan masa. Soto merupakan salah satu sajian terkenal dari Indonesia selain nasi goreng dan sambal. Saking beragamnya, soto bahkan memiliki ciri khas sesuai dengan kota masing-masing.

Apakah anda lagi mencari ide untuk resep soto banjar istimewa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal soto banjar istimewa yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Bahan: dada ayam & tulangan sesuai kebutuhan,rebus sisihkan kaldunya, telor & bihun. Resep membuat soto banjarmasin daging ayam kampung enak dan istimewa soto khas banjar ini cocok dijadikan menu sarapan maupun makan siang yang spesial. Soto Banjar adalah soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala, dan cengkih.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari soto banjar istimewa, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan soto banjar istimewa yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat soto banjar istimewa sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Banjar Istimewa memakai 31 jenis bahan dan 10 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Soto Banjar Istimewa:

  1. Ambil sesuai selera Ayam potong/ayam kampung.
  2. Siapkan Air untuk rebusan ayam.
  3. Siapkan 120 ml Susu Evaporasi.
  4. Sediakan Bawang bombay, potong kasar.
  5. Siapkan 4 batang daun bawang, potong.
  6. Gunakan Ketupat, resep sudah diposting terdahulu.
  7. Ambil Telur bebek/telur ayam, sesuai selera, rebus.
  8. Gunakan Su'un, rendam hingga lemas, tiriskan.
  9. Ambil Wortel secukupnya, potong, rebus.
  10. Gunakan Sambal soto.
  11. Sediakan Perkedel, resep sudah diposting.
  12. Siapkan Jeruk nipis.
  13. Sediakan Daun seledri,potong.
  14. Siapkan Bawang merah goreng.
  15. Gunakan Bawang putih goreng, taburan untuk kuah soto.
  16. Sediakan 1 sdm gula pasir.
  17. Gunakan secukupnya Garam.
  18. Gunakan 1 maggi blok rasa ayam + 1 royco rasa ayam.
  19. Ambil Margarin secukupnya, untuk menumis bumbu.
  20. Sediakan Bumbu halus :.
  21. Ambil 15 siung bawang merah.
  22. Siapkan 5 siung bawang putih.
  23. Ambil 2 cm jahe.
  24. Siapkan 1/3 biji pala.
  25. Ambil 1 sdm kas kas.
  26. Gunakan secukupnya Lada bubuk.
  27. Ambil Bumbu cemplungan :.
  28. Gunakan 2 buah bunga sisir/bunga lawang.
  29. Gunakan 4 biji kapulaga.
  30. Siapkan 3 cm kayu manis.
  31. Siapkan 4 biji cengkeh.

Soto Banjar merupakan soto khas yang istimewa dari suku Banjar, Kalimantan Selatan yang mana bahan utamanya adalah daging ayam yang telah disuwir-suwir yang kemudian dipadukan dengan. Tidak hanya soto banjar, tempat makan ini juga menyediakan menu istimewa berupa ikan patin. Hidangan tersebut tidak hanya digoreng tapi juga ada yang dimasak dengan cara dibakar. Untuk meracik soto Banjar, awalnya bumbu ditumis dengan minyak goreng atau minyak samin lalu dibungkus dalam kantung kain bersama kaldu ayam.

Langkah-langkah membuat Soto Banjar Istimewa:

  1. Potong ayam,cuci bersih,dan rebus, tambahkan garam, masak hingga matang,angkat ayam dan tiriskan, dan suwir..
  2. Siapkan bumbu, potong daun bawang dan bawang bombay..
  3. Haluskan bumbu, panaskan margarin, tumis bumbu hingga wangi..
  4. Tambahkan air untuk kuah soto, masukan bumbu kedalam panci kaldu ayam, masukan bumbu cemplungan..
  5. Kemudian masukan bawang bombay dan daun bawang, maggi dan royco, gula pasir, garam,biarkan mendidih, kecilkan apinya..
  6. Selanjutnya masukan susu evaporasi, aduk dan koreksi rasa sesuai selera,masukan bawang putih goreng (diremas kasar aja)..
  7. Jika sudah mendidih matikan api..
  8. Siapkan semua bahan soto.
  9. Tata soto dimangkok atau dipiring, dari irisan ketupat, su'un, ayam suwir, potongan telur rebus, wortel, perkedel..
  10. Siramkan kuah soto, taburi daun seledri dan bawang merah goreng, Soto Banjar siap disajikan..

Soto akan semakin nikmat jika kita tak lupa Kami yang berasal dari Banjar biasanya menikmati soto dengan cara yang istimewa. Selain Soto Banjar, Depot Soto Banjar "Selera Kita" juga menyajikan bergam masakan khas Banjar yang menggugah selear. Di antaranya: Nasi Kuning Banjar, Lontong Sayur Banjar. Soto yang asalnya dari Jakarta ini memang punya cita rasa istimewa! Kuah santannya yang gurih berpadu sempurna dengan bumbu rempah dari Tidak percaya?

Demikianlah resep mudah memasak Soto Banjar Istimewa, silahkan dipraktekkan dirumah anda dengan melihat semua bahan baku dan langkah langkah detail tersebut diatas. Jangan lupa dibookmark website ini sehingga anda dapat dengan cepat kembali kesini bila ada yang terlupa atau ingin menemukan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terpopuler dari kami. Selamat memasak!. Sumber Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

Memasak adalah sama dengan bercinta. Kegembiraan hanya timbul pada suatu saat, dan sesudah itu hanya tinggal kenangan manis.