Pempek Keriting Ikan Gabus. Kali ini, saya akan coba berbagi resep Pempek Ikan berbahan baku ikan Tenggiri, krn ikan ini lebih manis rasanya dan lebih gurih. Dapat kiriman daging ikan gabus dari tetangga yang orang Palembang (tenkyu bu Rahmi), katanya disana kalau mau buat pempek enak banget, tinggal beli gilingan daging ikan yg sudah bersih dari tulang dan kulit, bisa pilih ikan gabus, tenggiri atau ikan lainnya. Wah, bisa rajin bikin pempek kalau disini ada ikan yang seperti itu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Bubuhi garam, gula pasir, dan penyedap rasa. Ikan gabus adalah jenis ikan lain yang biasa diolah menjadi pempek. Ikan ini dipilih karena selain memiliki banyak daging, teksturnya juga lembut dan masih mudah ditemukan.

Anda sedang mencari ide resep pempek keriting ikan gabus yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek keriting ikan gabus yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek keriting ikan gabus, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pempek keriting ikan gabus enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Kali ini, saya akan coba berbagi resep Pempek Ikan berbahan baku ikan Tenggiri, krn ikan ini lebih manis rasanya dan lebih gurih. Dapat kiriman daging ikan gabus dari tetangga yang orang Palembang (tenkyu bu Rahmi), katanya disana kalau mau buat pempek enak banget, tinggal beli gilingan daging ikan yg sudah bersih dari tulang dan kulit, bisa pilih ikan gabus, tenggiri atau ikan lainnya. Wah, bisa rajin bikin pempek kalau disini ada ikan yang seperti itu.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan pempek keriting ikan gabus sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Pempek Keriting Ikan Gabus memakai 11 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Keriting Ikan Gabus:

  1. Sediakan Bahan A.
  2. Siapkan 1 kg daging ikan gabus giling.
  3. Gunakan 60 gram minyak sayur.
  4. Ambil Bahan B.
  5. Sediakan 400 gram air.
  6. Gunakan 60 gram garam halus.
  7. Gunakan 16 gram kaldu jamur.
  8. Ambil Bahan C.
  9. Gunakan 100 gram putih telur.
  10. Ambil Bahan D.
  11. Ambil 900-1000 gram sagu.

Selain itu, ikan gabus juga dipercaya memiliki khasiat yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Pempek yang dijual di sini cukup lengkap, meliputi pempek adaan, lenjer, keriting, pempek selam kecil, pempek selam besar, model, lenggang, pempek kulit dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahan baku pembuatan pempek Tenda Biru terdiri dari ikan tenggiri, ikan gabus, ikan belida dan ikan tongkol. Satu keluarga suka bgt sma empek".

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Keriting Ikan Gabus:

  1. Campur bahan A..aduk rata pakai tangan hingga adonan daging ikan halus dan tidak bergerindil..bisa jg dgn mixer speed rendah.
  2. Setelah daging halus masukkan bahan B, aduk hingga rata dan halus.
  3. Masukkan bahan C. Aduk kembali hingga rata.
  4. Terakhir masukkan bahan D. Aduk dengan tangan sampai rata dan halus. Siap untuk dicetak.
  5. Cetak pempek keriting dengan menggunakan cetakan pempek keriting yg terbuat dr kuningan. Ambil adonan sedikit demi sedikit dan cetak sesuai dengan keinginan seberapa besarnya. Rapikan dengan sendok bulat.
  6. Rebus hingga mengapung dan matang. Angkat dan tiriskan.
  7. Siap untuk disajikan dengan cuko.

Kalo beli agak nguras kantong jg ya 😂. Dan kenapa saya pake ikan gabus. Karena ikan tenggiri mahal ciinn 😭. Jadi buat ibu" yg takut harga ikan tenggiri. Resep pempek ikan gabus ini bsa dcoba.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek keriting ikan gabus yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!