Pempek Keriting. Anak-anakku paling suka pempek keriting karena memang lebih lembut. Mencetaknya lebih lama daripada jenis pempek lain, tapi melihat sambutan anak-anak, rasanya worth it lah. Kali ini aku bikin pake ikan kakap.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Sedang mencari inspirasi resep pempek keriting yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek keriting yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Anak-anakku paling suka pempek keriting karena memang lebih lembut. Mencetaknya lebih lama daripada jenis pempek lain, tapi melihat sambutan anak-anak, rasanya worth it lah. Kali ini aku bikin pake ikan kakap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek keriting, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pempek keriting yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pempek keriting yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek Keriting menggunakan 6 bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pempek Keriting:

  1. Gunakan 500 gr daging ikan giling (aku pakai ikan kakap).
  2. Siapkan 250 ml air dingin.
  3. Ambil 350 gr sagu tani.
  4. Ambil 1/2 sdm penyedap rasa (bila suka).
  5. Gunakan 20 gr garam halus.
  6. Gunakan 1 sdm gula pasir.

Ini pempek keriting versi saia , kalau saia lbh suka makan nya tanpa d goreng , lsg leeeeeup pk cuko pempek 😍😋 Resep dari mba endang JTT. Adonan pempek keriting ditimbang terlebih dahulu, lalu ditekan-tekan menggunakan pirikan tersebut hingga adonannya keluar melalui lubang kecil dan menjadi helaian seperti itu. Pempek ini jarang sekali dijumpai pada saat perayaan sebuah acara di Palembang, mungkin karena tingkat kesulitan dan lamanya waktu pembuatan jika harus memproduksi dalam. Cari produk Camilan Beku lainnya di Tokopedia.

Cara membuat Pempek Keriting:

  1. Simpan ikan didalam freeze hingga dingin. Lebih kurang 30 menit. Masukkan dalam wadah..
  2. Masukkan air dingin kedalam wadah ikan. Aduk rata dengan tangan. Remas-remas dengan tangan hingga daging ikan terasa kenyal, dan menyatu (tidak berbutir lagi) lk. 10 menit. Pastikan langkah ini benar-benar dilakukan hingga ikan dan air menyatu, sebelum ke langkah berikutnya..
  3. Tambahkan gula dan penyedap, aduk lagi dengan tangan hingga larut dan gula tidak terasa berbutir di tangan. Baru tambahkan garam, aduk rata sambil diremas, ikan akan terasa lebih berat, tidak transparan dan agak padat..
  4. Masukan sagu tani secara bertahap. Pada fase ini adonan jangan diremas dan jangan diaduk berlebihan. Cukup di aduk balik berlahan dengan tangan atau dengan ujung jari hingga tercampur rata..
  5. Panaskan air dalam panci hingga mendidih. Ambil adonan secukupnya (kalau mau ukuran seragam, boleh ditimbang @25 gr). Letakkan diatas talenan yang sudah ditaburi sagu, tekan adonan dengan pirikan ikan hingga didapat jumlah adonan yg diinginkan..
  6. Ambil adonan dari pirikkan dengan sendok yg sudah dibasahi air (tiap kali digunakan sendok harus dibasahi air agar tidak lengket). Langsung masukkan kedalam air yg sudah mendidih (api sedang saja)..
  7. Rebus hingga pempek matang. Lakukan hingga adonan habis. Angkat, tiriskan dan biarkan dingin. Siap untuk disajikan dengan cuko..

Jual beli online aman dan nyaman hanya di Tokopedia. Pempek keriting dan Pempek Lenjer potong sangat diminati oleh orang palembang. Sebelum dimakan, pempek ini disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu untuk pempek jenis pempek lenjer. Kalo di palembang, pempek keriting ini tetap rebusan untuk penyajiannya. Bentuknya yang lucu membuat orang penasaran untuk mencobanya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek keriting yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!