Mpek-mpek nasi ebi. Minyak ikan sy skip soalnya gk punya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko".

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Lihat juga resep Empek-empek nasi ebi enak lainnya! Pempek atau empek-empek adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut yang dicampur tepung kanji atau tepung sagu, serta komposisi beberapa bahan lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa, dan garam. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka yang memiliki rasa asam, manis, dan pedas.

Sedang mencari ide resep mpek-mpek nasi ebi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal mpek-mpek nasi ebi yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Minyak ikan sy skip soalnya gk punya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko".

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mpek-mpek nasi ebi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan mpek-mpek nasi ebi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan mpek-mpek nasi ebi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Mpek-mpek nasi ebi memakai 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Mpek-mpek nasi ebi:

  1. Ambil 1 piring nasi.
  2. Gunakan 500 gr tepung sagu / tapioka.
  3. Siapkan secukupnya garam dan kaldu bubuk.
  4. Gunakan 3 sdm ebi.
  5. Ambil kuah :.
  6. Sediakan 1.5 gelas air.
  7. Siapkan 1 keping gula merah.
  8. Siapkan 1 sdm asam jawa.
  9. Ambil secukupnya garam.
  10. Sediakan bumbu halus:.
  11. Gunakan 3 bh bawang putih.
  12. Ambil cabe keriting merah sckpny.
  13. Ambil Isian.
  14. Gunakan 2 butir telur tebus/ telur di kocok lepas.
  15. Siapkan pelengkap.
  16. Siapkan Mie basah.
  17. Gunakan Ketimun.

Pempek sering disebut sebagai makanan khas Palembang, meskipun hampir. Haluskan bawang putih bersama ebi dan nasi, kemudian campurkan dengan kaldu, garam, dan terigu. Tuangi air, kemudian masak dengan api kecil sampai kental dan lembut. Tuang biang ke dalam wadah, masukkan minyak goreng, kemudian aduk rata.

Cara membuat Mpek-mpek nasi ebi:

  1. Haluskan nasi dan ebu pke food proccesor. kalo nasinya keras sebaiknya dikukus dulu agar lbh mudah halus..
  2. Tambahkan gram dan kaldu jamur. aduk rata.Tuangkn tepung sagu sedikit2 sambil diadon sampai kalis dan tdk lengket di tngan. klo udh kalis, stop penggunaan tepungnya.
  3. Ambil sedikit adonan pipihkan dan isi dg telur rebus atau kocokan telur. Lipat dan rapatkan bagian atasnya.
  4. Didihkan air.rebus adonan sedikit utk tes rasa.klo udh cukup asin gurih, bentuk adonan memanjang. rebus sampai mengapung. lalu goreng..
  5. Rebus semua bahan kuah sampai mendidih angkat dan saring.
  6. Sajikan bersama kuah dan bahan pelengkapnya.

Masukkan telur dan aduk rata kembali. Sangrai ebi di wajan menggunakan api kecil hingga ebi kering, agak kecoklatan dan harum. Masukkan ke gelas blender untuk menggiling aneka biji, proses ebi hingga halus. Saya membuat ebi giling ini agak banyak dan saya simpan di dalam toples tertutup rapat, sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal mengambil sesuai takaran yang diperlukan. Ada juga yang disajikan dengan cuko, mie, ebi, ketimun, kuah santan, kuah udang, dan bisa dijadikan lauk untuk menemani makan siang bersama nasi.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan mpek-mpek nasi ebi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!