69. Cuko Pempek Palembang. Saya tidak terlalu suka cuko yang encer. Jadi menurut saya, resep cuko yang ini cucok banget. Untuk penyajian pempek Palembang komplit, maka anda bisa menambahkan mie kuning / bihun serta irisan timun ke dalamnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sementara itu, cuko pempek Palembang yang otentik cenderung kental dan pekat. Karena itu disajikan secara terpisah di dalam botol agar pembeli bisa menuangkan ke dalam mangkuk sesuka hati. Resep cuko pempek Palembang sebenarnya mudah dipraktikkan.

Sedang mencari ide resep 69. cuko pempek palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal 69. cuko pempek palembang yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari 69. cuko pempek palembang, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan 69. cuko pempek palembang yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Saya tidak terlalu suka cuko yang encer. Jadi menurut saya, resep cuko yang ini cucok banget. Untuk penyajian pempek Palembang komplit, maka anda bisa menambahkan mie kuning / bihun serta irisan timun ke dalamnya.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah 69. cuko pempek palembang yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat 69. Cuko Pempek Palembang memakai 10 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan 69. Cuko Pempek Palembang:

  1. Gunakan 500 gram gula merah / gula aren.
  2. Gunakan 500 ml air bersih.
  3. Sediakan 1 sdm ebi (udang kering), sangrai dan haluskan.
  4. Siapkan 1 sdt gula pasir.
  5. Siapkan 1/2 sdt garam.
  6. Ambil 3 sdm asam jawa (tergantung asam jawa nya ya).
  7. Siapkan 👩‍🍳 Bumbu dihaluskan :.
  8. Gunakan 10 siung bawang putih.
  9. Ambil 30 buah cabai rawit merah (sesuai selera).
  10. Siapkan 3 buah cabai merah keriting (optional).

Namun bisa jadi Anda masih kurang puas karena masih encer dan kurang nampol di lidah. Cara makan pempek Palembang beragam, kalau saya lebih menyukai cara menuangkan cuko pempek ke dalam wadah lalu pempek tinggal dicelupkan ke dalam sambil dihirup cuko. Cuko pempek memang pandanan makan yang tepat. Soalnya kuah cuko ini bukan cuma pas untuk pempek, sebagai teman makan gorengan, kerupuk dan lainnya.

Cara menyiapkan 69. Cuko Pempek Palembang:

  1. Dalam panci : tuang air, masukkan gula merah. Masak sampai gula larut. Lalu saring..
  2. Setelah disaring, masak kembali dengan memasukkan bumbu yang sudah dihaluskan, ebi halus, gula pasir, garam dan asam jawa. Koreksi rasa..
  3. Didihkan dengan api kecil. Masak hingga volume air cuko berkurang (hingga kekentalan yang diinginkan)..
  4. Saring cuko dan pindahkan ke wadah lain. Bisa di stok simpan di lemari es / kulkas..

Pempek Palembang ini umumnya disajikan dengan cuko yang berwarna coklat dari bahan-bahan yakni cuka, asam jawa, gula merah, cabai merah tumbuk dan garam. Untuk pelengkapnya ada juga yang menambahkan dengan mi dan irisan mentimun. "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan. Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan 69. cuko pempek palembang yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!