Empek Empek/Pempek Ikan Tengiri. Lihat juga resep Pempek Tenggiri Tanpa Tepung enak lainnya. Resep Empek Empek Ikan Tenggiri yang enak – Sajian kuliner nusantara yang satu ini memang sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun dunia, siapa lagi kalau bukan pempek ikan tenggiri. Empek-empek asli dari Pelembang ini yang menggunakan campuran daging ikan tenggiri sungguh sangat enak, karena rasa dari ikan tenggiri ini cocok sekali jika kita campurkan kedalam adonan pempek.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ditambah dengan cocolan kuah cukonya, resep empek empek Palembang pun jadi makanan yang selalu dirindukan para penggemarnya. Yuk ikuti cara membuat pempek ikan tenggiri yang mudah dan praktis! Resep Pempek Palembang dari Ikan Tenggiri.

Lagi mencari inspirasi resep empek empek/pempek ikan tengiri yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal empek empek/pempek ikan tengiri yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari empek empek/pempek ikan tengiri, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan empek empek/pempek ikan tengiri enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Lihat juga resep Pempek Tenggiri Tanpa Tepung enak lainnya. Resep Empek Empek Ikan Tenggiri yang enak – Sajian kuliner nusantara yang satu ini memang sudah sangat terkenal baik di Indonesia maupun dunia, siapa lagi kalau bukan pempek ikan tenggiri. Empek-empek asli dari Pelembang ini yang menggunakan campuran daging ikan tenggiri sungguh sangat enak, karena rasa dari ikan tenggiri ini cocok sekali jika kita campurkan kedalam adonan pempek.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan empek empek/pempek ikan tengiri sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Empek Empek/Pempek Ikan Tengiri memakai 16 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Empek Empek/Pempek Ikan Tengiri:

  1. Ambil 100 gram Ikan Daging Tengiri.
  2. Gunakan 150 gram Tepung Tapioka.
  3. Sediakan 2 siung Bawang Putih.
  4. Gunakan 1 sdt Garam.
  5. Ambil 80 ml Air Es.
  6. Gunakan 1/2 potong Mie Telor Panjang.
  7. Siapkan Bahan Cuko/Kuah.
  8. Sediakan 2 siung Bawang Putih.
  9. Gunakan 1 sdm Ebi/Rebon.
  10. Ambil 6 buah Cabai Rawit.
  11. Siapkan 3 buah Cabai Merah Keriting.
  12. Sediakan 2 sdm Asam Jawa.
  13. Ambil 50 gram Gula Merah.
  14. Gunakan 180 ml Air.
  15. Siapkan 1/2 sdt Garam.
  16. Sediakan 3 sdm Kecap Manis.

Hal pertama yang harus diingat ketika membuat pempek ikan tenggiri adalah pastikan untuk memilih ikan tenggiri dengan kualitas terbaik dan yang masih segar. Jenis pempek antara lain pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek bulat (biasa disebut "ada'an"), pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, pempek keriting, ada juga pempek kulit ikan. Akhirnya, ikan tengiri pun dijadikan penggantinya. Fakta di atas menunjukkan kalau kita sebenarnya bisa membuat pempek dari ikan apa saja, tidak melulu harus tengiri.

Langkah-langkah menyiapkan Empek Empek/Pempek Ikan Tengiri:

  1. Pastikan Ikan Tengiri tidak berduri, lalu campurkan dengan Tepung Tapioka, Bawang Putih yang sudah dihaluskan, Garam, dan Air Es;.
  2. Setelah adonan tercampur rata, bentuk Adonan sesuai selera;.
  3. Kukus adonan yang sudah dibentuk selama 20-25 menit. Sebelum diangkat, pastikan Adonan sudah tmatang sampai dalam (bisa dengan cara ditusuk Garpu). Kemudian goreng dalam Minyak panas;.
  4. Cuko/Kuah Empek Empek: haluskan Bawang Putih, Ebi/Rebon, Cabai Rawit dan Cabai Merah Keriting;.
  5. Iris Gula Merah, serta larutkan Asam Jawa dalam Air (jika tidak ada Asam Jawa bisa digantikan dengan Cuka dengan ukuran kurang lebih 2 sdm);.
  6. Sangrai bumbu halus Cuko/Kuah dengan Teflon (jika mau gunakan 1 sdt Minyak supaya tidak lengket);.
  7. Masukkan larutan Asam Jawa, beri Gula Merah, Garam, dan Kecap. Cicipi hingga rasa sesuai dengan yang diharapkan;.
  8. Rebus Mie Telor sampai cukup matang (lebih enak tidak terlalu lembek) untuk tambahan/campuran Empek Empek..

Jadi, jangan pernah urungkan niat anda membuat pempek di rumah hanya karena tidak menemukan ikan tenggiri di pasar. Pempek sendiri rasanya saja sudah sangat enak, kalau kita campur dengan daging ikan tenggiri, hmm pasti dobel banget enaknya, sudah enak menyehatkan juga lagi, tunggu apa lagi nih, yuk simak ulasan kami berikut ini ya: Cara Membuat Empek Empek Ikan Tenggiri Resep Empek Empek Kapal Selam Pempek atau empek-empek kapal selam ini merupakan salah satu jenis pempek khas palembang yang paling terkenal dari jenis pempek yang ada. Rasanya yang enak dengan isian telur didalamnya membuat sensasi rasanya begitu nikmat dan lezat. Jenis ikan untuk membuat pempek sebenarnya cukup mudah dijumpai. Pada prinsipnya, semua jenis ikan air tawar dan air laut bisa dipakai untuk membuat pempek, hanya saja ikan laut lebih amis baunya, bahkan kadang ada yang alergi terhadap ikan laut.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Empek Empek/Pempek Ikan Tengiri yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!