Cuka empek-empek. Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko".

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kuah cuka.yg akrab banget disandingkan dgn cemilan khas Palembang yi. Pempek atau yang biasa dikenal dengan empek-empek adalah makanan khas Kota Pelembang – Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Makanan Khas Palembang ini adalah salah satu makanan yang paling disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Sedang mencari inspirasi resep cuka empek-empek yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuka empek-empek yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Cuko Pempek enak lainnya. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko".

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuka empek-empek, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan cuka empek-empek yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan cuka empek-empek sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Cuka empek-empek memakai 10 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Cuka empek-empek:

  1. Gunakan 1 keping gula merah.
  2. Sediakan 1 sendok asem jawa.
  3. Ambil 5 buah jeruk kunci.
  4. Siapkan garam 1 sendok takar (diperkirakanlah 😂).
  5. Siapkan 1 sendok makan gula.
  6. Ambil 500 ml air.
  7. Siapkan bumbu halus :.
  8. Ambil 3 buah bawang putih.
  9. Siapkan 4 cabe keriting.
  10. Sediakan 10 cabe rawit.

Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek.

Langkah-langkah membuat Cuka empek-empek:

  1. Blender bumbu halus.
  2. Siapkan panci, masukan semua bahan serta bumbu halus.
  3. Masak di api sedang, biarkan sampe mendidih dan volume sedikit berkurang, itu menandakan bahwa cuka bener2 udah mateng dan sedikit kental, cicip rasa sesuai selera.
  4. Nikmati bersama empek-empek baru digoreng, mantul 🤤.

Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap. Memiliki warna hitam yang rasanya pedas manis gurih, enak sekali. Ternyata buatnya itu tidak terlalu sulit loh, hanya menyiapkan bahan lalu rebus semua. Enak tidaknya cuka akan menentukan enak tidaknya pempek.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cuka empek-empek yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!