Pempek udang papai (udang kering). Resep Pempek udang papai (udang kering). Gk ada tenggiri, udang pun jadi 😋 Pekmpek ebi kering (pempek udang papai) Udang papai adalah udang kering yg kecil². Lihat juga resep Pempek dos udang rebon enak lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Racikanbumbu.com – Empek empek Udang Kering/Udang Rebon terdengar tidak asing di telingga, bentuknyapun sederhana tapi jika di nikmati sungguh membuat anda ketagihan, Empek empek ini banyak di jual di warung kampus, sangat nikmat bila di santap saat masih panas. Pempek kemudian disajikan dengan saus berwarna hitam kecoklatan yang disebut cuko. Cuko terbuat dari air matang, gula aren, udang kering, sambal rawit, bawang putih dan garam.

Anda sedang mencari ide resep pempek udang papai (udang kering) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pempek udang papai (udang kering) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Pempek udang papai (udang kering). Gk ada tenggiri, udang pun jadi 😋 Pekmpek ebi kering (pempek udang papai) Udang papai adalah udang kering yg kecil². Lihat juga resep Pempek dos udang rebon enak lainnya.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek udang papai (udang kering), pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pempek udang papai (udang kering) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat pempek udang papai (udang kering) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek udang papai (udang kering) memakai 20 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Pempek udang papai (udang kering):

  1. Sediakan 400 gr tepung tapioka.
  2. Ambil 2 sdm minyak goreng (sayur).
  3. Siapkan 1 1/2 sdm garam.
  4. Gunakan 1 bungkus penyedap rasa (royco/masako).
  5. Sediakan 3 butir telur.
  6. Ambil Bahan biang.
  7. Siapkan 200 gr tepung terigu.
  8. Ambil 25 g ebi kering (udang papai).
  9. Gunakan 7 siung bawang putih.
  10. Siapkan 500 ml air mendidih.
  11. Gunakan Bahan cuko.
  12. Sediakan 300 gr gula merah.
  13. Sediakan 1 bungkus asam jawa.
  14. Gunakan 5 gr ebi kering haluskan.
  15. Siapkan 2 siung bawang putih haluskan.
  16. Ambil 5 cabe keriting haluskan.
  17. Ambil 7 cabe rawit (sesuai selera) haluskan.
  18. Siapkan 1 lt air.
  19. Ambil secukupnya Garam.
  20. Gunakan secukupnya Gula putih.

Terkadang ditambah dengan irisan timun dan mie kuning juga disajikan sebagai pelengkap. Pempek wajib hukumnya disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko terbuat dari air, gula merah, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Sebagai pelengkap, makanan ini menggunakan mentimun yang diiris dadu dan mi kuning.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek udang papai (udang kering):

  1. Pertama2 kita membuat biang terlebih dahulu. siapkan wadah berisikan tepung terigu. Panaskan panci yg berisikan air. Sambil menunggu air mendidih, haluskan bawang putih dan ebi kering yg sdah direndam dengan air panas..
  2. Setelah mendidih masukan ebi dan bawang putih yg telah dihaluskan, tidak usah terlalu lama, masukan air yg mendidih kedalam wadah yg berisikan tepung terigu, aduk sampai rata..
  3. Jika sdah tercampur masukan minyak, garam, royco, kedalam adonan aduk hingga rata. Masukan tepung tapioka secara perlahan sambil diaduk sampai tepung habis (sisakan tepung untuk melumuri tanggan agar tidak lengket saat membentuk pempek).
  4. Kocok telur untuk isian didalam pempek, bentuk pempek sesuai keinginan. Rebus pempek dalam air mendidih yg sdah diberi minyak goreng (agar tidak lengket) sampai matang.
  5. Cara membuat cuko, panaskan air didalam panci cemplungkan gula merah biarkan mendidih, lalu masukan semua bahan yg sdah di haluskan, tambahkan sedikit garam, jika kurang manis tambahkan gula putih secukupnya.
  6. Goreng pempek dan siap disajikan selagi hangat 😘.

Assalamualaikum wr wb hay bunda sista semua nya Hari ini Saya mencoba membuat empek '' Dari bahan dasar udang ebi. Emmm ternyata sangat enak juga bunda sama kayak ikan tengiri hhhihiii., ok. – Udang kering secukupnya. Campurkan gula garam dan ulekan cabai dalam satu wadah. Lalu campurkan ke dalam adonan cabai, gula yang sudah. Bila sdh dingin, masukin kulkas, besok iris tipis (seperti difoto sebelah) susun ditampah, jemur diterik matahari smp.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Pempek udang papai (udang kering) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!