Empek Empek Telur. Empek-empek perdana ya Bun,mohon maaf jika rasanya tidak sempurna, tapi bagi saya ini sudah cukup enak. Dirumah ada tepung tapioka sama terigu. Jadi deh cemilan simpel๐Ÿ˜ Nani Setiati.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Dan yang paling terkenal adalah masakan pempek atau empek empek, makanan ini hampir ada diseluruh penjuru kota di Indonesia, baik kota besar maupun kota kecil. Lihat juga resep Pempek telor (dos/tanpa ikan) menu buka puasa enak lainnya! Resep Pempek Telur yang Empuk dan Lembut.

Sedang mencari ide resep empek empek telur yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal empek empek telur yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Empek-empek perdana ya Bun,mohon maaf jika rasanya tidak sempurna, tapi bagi saya ini sudah cukup enak. Dirumah ada tepung tapioka sama terigu. Jadi deh cemilan simpel๐Ÿ˜ Nani Setiati.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari empek empek telur, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan empek empek telur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan empek empek telur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Empek Empek Telur menggunakan 17 bahan dan 13 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Empek Empek Telur:

  1. Ambil Bahan :.
  2. Siapkan 1/4 kg tepung terigu.
  3. Ambil 1/2 kg tepung tapioka.
  4. Sediakan 2 butir telur.
  5. Gunakan 1 genggam bawang putih (bagi 2).
  6. Sediakan 2 sdm minyak goreng.
  7. Siapkan secukupnya garam.
  8. Siapkan secukupnya air.
  9. Sediakan Bahan kuah :.
  10. Siapkan 1/4 kg gula merah.
  11. Gunakan 1 sdm ebi.
  12. Gunakan 5 buah cabe rawit (sesuai selera pedas).
  13. Sediakan sedikit garam.
  14. Ambil segenggam asam jawa.
  15. Ambil secukupnya gula garam.
  16. Gunakan Tambahan :.
  17. Gunakan Mie keriting dan timun.

Pempek Asli Palembang yang menggunakan isian berupa telur ada dua macam variasi, yaitu pempek kapal selam dan pempek telur kecil. Keduanya memiliki kemiripan dalam bahan dan isian yang di gunakan, hanya berbeda pada bentuknya saja. Dalam hal penyajian pun tidak berbeda, yaitu sama-sama di sajikan bersama dengan kuah cuko dan terkadang di beri tambahan. Karena nggak punya telur, aku buat Empek-Empek Lenjer aja yang paling simple.

Cara menyiapkan Empek Empek Telur:

  1. Step 1 Membuat kuah : Haluskan semua bawang putih dan secukupnya garam kemudian bagi 2 untuk bahan pek mpek dan kuah cuka..
  2. Sisa untuk bumbu kuah : tambahkan ebi dan cabe rawit sesuai selera pedas lalu haluskan.
  3. Rebus gula merah tambahkan asam jawa. Setelah gula sedikit hancur masukkan bumbu halus.
  4. Tunggu sampai mendidih, tes rasa. Setelah matang sisihkan.
  5. Step 2 bahan mpek2 : Campurkan tepung terigu dan secukupnya air, aduk sampai kalis. Kemudian kocok lepas telur (ambil 2 butir). Sisihkan dulu.
  6. Next, siapkan pan beri secukupnya air, setelah sedikit mendidih masukkan sisa bumbu halus step 1 kemudian tambah 2 sdm minyak goreng. Aduk sampai merata.
  7. Masukkan adonan aduk sampai merata. Masukkan telur secara perlahan kemudian aduk kembali sampai adonan kalis (api kondisi kecil ya).
  8. Kira2 adonan seperti ini โœŒ Setelah siap angkat lalu sisihkan.
  9. Masukkan 1/2 kg tapioka kemudian aduk dengan tangan sampai kalis. Setelah adonan mudah dibentuk, buat menjadi lonjong (sesuai selera saja).
  10. Saya : bentuk adonan seperti mangkuk, lalu beri isian dari sisa telur. Saya lakukan sampai habis.
  11. Setelah siap, panaskan air tunggu sampai mendidih kemudian rebus mpek2 sampai matang sempurna (api dalam kondisi sedang) setelah matang sisihkan.
  12. Step 3 Tambahan toping : Rebus mie, tiriskan. Lalu kupas timun potong dadu kecil (jangan lupa cuci bersih).
  13. Boleh digoreng/makan langsung..

Dengan tehnik pembuatan yang juga cepat dan simple.karena aku buat langsung dadakan Empek-Empeknya.sejam sebelum buka. Alhamdulillah kok ya pas.waktu buka puasa udah mateng. Dengan catatan, tangan kanan kiri oke.harus cepat kerjanya dan dua kompor nyala.hihi. Adonan empek empek siap dibentuk sesuai selera; Untuk pempek telur kecil: ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk kemudian isilah dengan telur yang di kocok dan dimasak setengah matang. Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga empek empek mengapung, angkat dan tiriskan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat empek empek telur yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!