Pempek Ikan Tongkol dan Cuko. Lihat juga resep Empek Empek Ikan Tongkol enak lainnya. Resep Pempek ikan tongkol dan cuko asam manis pedas. Karna disini lagi musin ujan jadi pengen banget makan yang pedas dan berkuah,, keinget waktu itu pas pulang kuliah teman satu kampus ngajak makan pempek dikos nya,, jadi sekarang saya bikin pempek ikan tongkol,, pengennya ikan tenggiri tapi.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Lalu angkat pempek jangan kelamaan nanti bisa pecah. Bahan yang dibutuhkan: Yuk ikuti cara membuat pempek ikan tenggiri yang mudah dan praktis! Resep Pempek Palembang dari Ikan Tenggiri.

Anda sedang mencari ide resep pempek ikan tongkol dan cuko yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek ikan tongkol dan cuko yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pempek ikan tongkol dan cuko, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pempek ikan tongkol dan cuko enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Empek Empek Ikan Tongkol enak lainnya. Resep Pempek ikan tongkol dan cuko asam manis pedas. Karna disini lagi musin ujan jadi pengen banget makan yang pedas dan berkuah,, keinget waktu itu pas pulang kuliah teman satu kampus ngajak makan pempek dikos nya,, jadi sekarang saya bikin pempek ikan tongkol,, pengennya ikan tenggiri tapi.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek ikan tongkol dan cuko yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pempek Ikan Tongkol dan Cuko memakai 17 jenis bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Pempek Ikan Tongkol dan Cuko:

  1. Ambil 1/2 Ekor Ikan Tongkol, haluskan.
  2. Ambil 3 Sdm Tepung Terigu.
  3. Ambil 1 Gelas Air.
  4. Siapkan 800 Gr Tepung Sagu.
  5. Gunakan 2 Butir Telur, untuk isian.
  6. Ambil 1 Sdt Garam.
  7. Gunakan 1/2 Sdt Lada.
  8. Ambil Cuko.
  9. Ambil 1 Gelas Air.
  10. Gunakan 2 Buah Gula Aren.
  11. Sediakan 1/2 Sdt Ebi Kering.
  12. Ambil 10 Buah Cabai Oren.
  13. Siapkan 2 Buah Cabai Merah Keriting.
  14. Sediakan 1 Siung Bawang Putih.
  15. Ambil 1 Sdt Gula Pasir.
  16. Ambil 1/2 Sdt Garam.
  17. Siapkan 1/2 Sdt Lada.

Hal pertama yang harus diingat ketika membuat pempek ikan tenggiri adalah pastikan untuk memilih ikan tenggiri dengan kualitas terbaik dan yang masih segar. Resep Pempek Palembang dari Ikan dan Cara Membuat Kuah Cuka Pempek. Empek-empek disajikan setelah digoreng terlebih dahulu, ada yang sukanya digoreng sebentar dan ada yang pengennya digoreng sampai garing. Selain itu cuko pempek merupakan syarat utama penyajiannya sebagai kuah celupan saat disantap.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek Ikan Tongkol dan Cuko:

  1. Rebus air hingga mendidih, matikan. Lalu masukkan tepung terigu, aduk hingga merata..
  2. Masukkan ikan tongkol yang sudah dihaluskan, garam dan lada, aduk hingga merata. Lalu diamkan sebentar hingga dingin..
  3. Masukkan sedikit demi sedikit tepung sagu, uleni hingga kalis..
  4. Bentuk adonan, isi dengan telur..
  5. Rebus air hingga mendidih, masukkan adonan pempek. Rebus hingga mengapung lalu angkat dan tiriskan..
  6. Untuk cuko. Haluskan semua bumbu terlebih dahulu. Rebus air dan gula hingga mendidih dan larut. Masukkan bumbu halus, tambahkan garam dan lada. Sisihkan..
  7. Goreng pempek kedalam minyak panas. Angkat dan sajikan..
  8. Untuk pempek dan cuko, bisa disimpan didalam kulkas. Awet hingga kurang lebih 5 hari..

CARA MEMBUAT PEMPEK IKAN TONGKOL SPESIAL: Rebus semua bahan serta bumbu yang sudah disipkan untuk membuat biang adonan pempek, aduk sampai meletup-ketup, angkat, diamkan sampai suhunya menjadi dingin. Masukkan daging ikan tongkol dan tepung ke dalam wadah, uleni hingga kalis. Tambahkan adonan biang, lalau aduk sampai rata. Cara membuat pempek ikan tongkol spesial: Rebus semua bahan dan bumbu yang sudah disipkan untuk membuat biang adonan pempek, aduk sampai meletup-ketup, angkat, diamkan sampai suhunya menjadi dingin. Masukkan daging ikan tongkol dan tepung ke dalam wadah, uleni sampai kalis.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan pempek ikan tongkol dan cuko yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!