Pempek Nasi. Haluskan semua bahan pempek jadi satu kecuali tepung sagu dengan blender atau food processor. Setelah halus, tuang ke dalam wadah. Pempek Nasi ini jangan disamakan dengan Pempek ikan ya😅 Biasanya Pempek non ikan seperti ini disebutnya Pempek dos atau kalo di Palembang bilangnya Pempek buntu alias Pempek kalo lagi gak punya uang aka bokek😂 Dapur Umak Danar.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Kebiasaan membuat pempek nasi tampaknya telah turun temurun dilakukan oleh orang palembang. tak terkecuali saya.

Anda sedang mencari ide resep pempek nasi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek nasi yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek nasi, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan pempek nasi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Haluskan semua bahan pempek jadi satu kecuali tepung sagu dengan blender atau food processor. Setelah halus, tuang ke dalam wadah. Pempek Nasi ini jangan disamakan dengan Pempek ikan ya😅 Biasanya Pempek non ikan seperti ini disebutnya Pempek dos atau kalo di Palembang bilangnya Pempek buntu alias Pempek kalo lagi gak punya uang aka bokek😂 Dapur Umak Danar.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah pempek nasi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pempek Nasi memakai 23 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Pempek Nasi:

  1. Ambil 20 sdm tepung sagu.
  2. Gunakan 5 sdm tepung terigu.
  3. Ambil 2 centong nasi putih (kurleb saya segitu).
  4. Ambil 1 butir telur.
  5. Ambil 150 ml air.
  6. Ambil Bumbu Halus :.
  7. Sediakan 4 siung bawang putih.
  8. Gunakan 2 sdm udang rebon kering yg sudah direndam air panas terlebih dahulu (biar rasa asinnya hilang).
  9. Gunakan 1 sdm garam (Secukupnya).
  10. Ambil 1/2 sdt gula pasir.
  11. Sediakan Penyedap (me.kaldu jamur).
  12. Gunakan 1/2 sdt merica.
  13. Ambil Bahan kuah cuko (ini sesuaikan saja ya bikinnya).
  14. Siapkan Air putih.
  15. Sediakan Gula merah / gula jawa.
  16. Ambil Asam jawa.
  17. Ambil Cuka putih.
  18. Gunakan Garam (Secukupnya).
  19. Gunakan haluskan semua :.
  20. Siapkan ebi kering.
  21. Gunakan cabai merah keriting.
  22. Siapkan Bawang putih.
  23. Sediakan Didihkan air masukkan gula merah hingga larut,masukkan bumbu halus,asam jawa,cuka,garam masak hingga mendidih kembali,matang kuah di saring!.

Sedikit tips saat membuatnya goreng dengan api sedang agar pempek matang hingga kedalam. Jika memasak dengan api bessar, terkadang dalamnya masih mentah. Apalagi pempek nasi ini tidak dikukus terlebih. Kamu bisa coba mengolahnya jadi sajian pempek nasi yang unik.

Langkah-langkah membuat Pempek Nasi:

  1. Campur nasi Dan air kemudian masak dengan api kecil,aduk2 hingga menjadi bubur,sambil disusul masukkan tepung terigu..
  2. Masukkan bumbu halus,masak Dan aduk2 hingga rata bumbu bercampur,sesekali tes rasa dulu,angkat Dan tunggu adonan hangat ya..
  3. Setelah adonan hangat masukkan 1 butir telur sembari di uleni dengan memasukkan tepung sagu sedikit demi sedikit hinggan adonan bisa dibentuk..
  4. Lumuri tangan dengan tepung sagu agar tidak lengket saat membentuk,bentuk sesuai selera,dan rebus kedalam air yg mendidih hingga adonan mengapung,tiriskan!.
  5. Tunggu pempek sampai dingin dan tidak Ada air yg menempel,lalu Goreng kedalam minyak panas sampai coklat keemasan,angkat,tiriskan!.
  6. Potong2 pempek Dan Sajikan dengan pelengkap,kuah cuko,irisan mentimun,bubuk rebon.

Pempek khas Palembang yang khas itu ternyata bisa juga jadi variasi olahan nasi sisa. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan sisa di rumah, tanpa perlu menggunakan daging ikan. Berikut resep pempek nasi yang renyah di luar dan lembut di dalam lengkap dengan kuah. Merdeka.com – Nasi yang tidak habis di dalam magicom juga bisa disulap jadi pempek, lho. Tinggal direndam dan dihaluskan, lalu campur dengan ebi yang sudah diseduh dan bahan-bahan lain.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan pempek nasi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!