Klepon ubi ungu. Klepon merupakan salah satu kue tradisional dari Jawa. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini berbentuk bulatan-bulatan kecil. Ubi jalar merupakan komoditas pertanian yang memiliki jumlah produksi melimpah di Indonesia.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Hancurkan ubi ungu hingga halus, setelah halus, campurkan ubi ungu dengan tepung ketan, vanil, garam dan air lalu aduk hingga rata. Lumuri klepon yang sudah matang dengan parutan kelapa. Resep Klepon Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak.

Lagi mencari inspirasi resep klepon ubi ungu yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal klepon ubi ungu yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari klepon ubi ungu, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan klepon ubi ungu yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Klepon merupakan salah satu kue tradisional dari Jawa. Jajanan yang terbuat dari tepung beras ketan ini berbentuk bulatan-bulatan kecil. Ubi jalar merupakan komoditas pertanian yang memiliki jumlah produksi melimpah di Indonesia.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan klepon ubi ungu sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Klepon ubi ungu memakai 6 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Klepon ubi ungu:

  1. Ambil 150 gr ubi ungu.
  2. Siapkan 5 sdm tepung tapioka.
  3. Ambil 10 sdm tepung ketan.
  4. Ambil 2 buah gula merah iris tipis.
  5. Siapkan 1/4 kelapa parut.
  6. Siapkan Secuil garam.

Ubi ungu salah satu jenis dari ubi jalar. Biasanya kue klepon terbuat dari singkong ubi kayu dan tepung ketan. Resep klepon yang pertama adalah Klepon ubi ungu. Kue ini termasuk pada aneka kue tradisional yang khas.

Cara menyiapkan Klepon ubi ungu:

  1. Siapkan smua bahan.
  2. Panaskan kukusan, kukus kelapa+garam kurleb 5menit. Angkat sisihkan.
  3. Kukus ubi ungu sampe empuk, angkat sisihkan lalu haluskan dng di ulek sprti aku ini. Bebas mau pake apa utk menghaluskannta.
  4. Campur ubi yg tlh di haluskan dng duo tepung. Tambah air sdikit demi sdikit sampe bisa dipulung / dibentuk.
  5. Ambil adonan sedikit lalu beri isian Gula merah. Bulatkan kembali dan lakukan sampe smua adonan habis.
  6. Panaskan air lalu masukkan bola ubi tsb kedlm air yg sudah mendidih. Angkat jika sudah mengapung.
  7. Siapkan kelapa parut lalu balur klepon ubi tsb ke dlm kelapa. Tata di piring dan siap di hidangkan.

Bahan-bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat klepon ubi ungu ini yaitu Klepon adalah salah satu jajanan pasar tradisional yang di dalamnya terdapat gula merah yang siap Kami buat sesuatu yang berbeda dengan menggunakan ubi ungu sebagai bahan utamanya. Sajikan klepon ubi ungu dengan taburan parutan kelapa yang sudah dibumbui dengan garam. Itulah resep mudah membuat klepon ubi ungu yang unik, tapi rasanya tetap lezat. Kue Klepon lebih dikenal dengan Nama Klepon merupakan kue basah tradisional Indonesia. Dikenal sebagai jajanan pasar yang berbentuk bulat berselimut Parutan kelapa dan biasanya disajikan.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan klepon ubi ungu yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!