Bubur suro. Dalam konsep Jawa, setelah lewat pukul empat petang dianggap sudah memasuki hari baru. Bubur Suro atau biasa disebut bubur Harisah merupakan kuliner yang paling ditunggu masyarakat Tuban setiap Ramadan. Resep Bubur Suro atau Jenang Suro Sederhana Spesial Khas Jawa Asli Enak.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Salah satu makanan khas Ramadan di Palembang adalah Bubur Suro. Lalu apa saja sih makna dari setiap elemen yang tersaji pada tradisi bubur Suro tersebut? Ada sembilan bahan pokok untuk membuat bubur asyura ini.

Lagi mencari inspirasi resep bubur suro yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bubur suro yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bubur suro, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan bubur suro yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Dalam konsep Jawa, setelah lewat pukul empat petang dianggap sudah memasuki hari baru. Bubur Suro atau biasa disebut bubur Harisah merupakan kuliner yang paling ditunggu masyarakat Tuban setiap Ramadan. Resep Bubur Suro atau Jenang Suro Sederhana Spesial Khas Jawa Asli Enak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat bubur suro sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bubur suro memakai 8 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Bubur suro:

  1. Ambil 1/2 kg beras putih cuci bersih.
  2. Sediakan 1.1 /2 ml air putih.
  3. Siapkan 1 ons ayam, ambil dagingnya.
  4. Gunakan 5 siung bawang putih+1sdm merica haluskan.
  5. Sediakan 2 buah wortel cuci, kupas potong "kecil.
  6. Sediakan 1/4 gr Labu kuning.
  7. Sediakan 1 buah jagung manis serut.
  8. Ambil 1.1 /2 sdm garam.

Cara Membuat Bubur Suro Komplit Sajian Spesial Mantap Khas Muharraman. Untuk bagian bubur pada penyajian bubur suro dibuat dengan cara membersihkan dan mencuci beras terlebih dahulu. Makanan khas bubur Suro merupakan makanan yang memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Indonesia dalam menyambut datangnya tahun baru Islam. Bubur Suro merupakan bubur khusus yang dibuat dalam bulan Suro (bulan Muharram Hijriyah).

Cara membuat Bubur suro:

  1. Air putih rebus dalam panci besar,air sdh mendidih masukan berasnya,aduk"rata pake sepatula kayu ngaduknya jangan sampe gosong di bawahnya,.
  2. Kira"10 mnt beras sdh kelihatan hancur masukan jagung terlebih dahulu terus aduk"pake sepatula kayu aduk"trs jangan sampai di bawahnya mengarak /gosong kira" beras sdh benar"hancur, lalu masukan, ayam, sayurannya, wortel, labu, dan bumbu yg di haluskan bawang putih merica dan garam masukan lalu aduk sampai matang kira" 1 jm kurang kalau kurang airnya tambah air putih dikira"sendiri, sblm di angkat cicipi terlebih dulu kalau kurang asin tambah sedikit garam,terakhir masukan bayamnya aduk.
  3. Rata, kira"2 mnt angkat sajikan dg ikan asin menyantapnya.

Nah, Hypermart Lovers penasaran untuk membuat makanan Bubur Suro tersebut? Antri pembagian Bubur Suro. foto : M Hatta/sumeks.co. Secara kultur, bubur suro ini adalah kuliner jawa dengan tampilan sajiannya yang persis seperti bubur ayam yang sering kita nikmati saat sarapan pagi. Hanya saja pelengkap saji yang dihadirkan lebih. Pembuatan bubur suro sudah menjadi tradisi turun temurun dan masih berlangsung hingga kini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Bubur suro yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!