Pindang serani tetel sapi. Pindang tetel ini bukan terbuat dari ikan pindang yang ditetel melainkan terbuat dari daging sapi yang dipotong atau ditetel menjadi ukuran yang kecil. Lihat juga resep Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu enak lainnya. Dinamakan pindang tetel karena bahan utamanya adalah daging tetelan yang dimasak seperti rawon, bedanya kalau di pekalongan dimakan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sajian ikan laut, berkuah bening yang gurih sekaligus asam yang segar ini wajib untuk dicoba. Pindang tetel (bahasa Jawa: ꦥꦶꦤ꧀ꦝꦁ ꦠꦺꦠꦺꦭ꧀, translit. Pindhang tètèl) adalah makanan khas pekalongan yang berasal dari desa Ambokembang, Kedungwuni, Pekalongan.

Anda sedang mencari inspirasi resep pindang serani tetel sapi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang serani tetel sapi yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang serani tetel sapi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan pindang serani tetel sapi enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Pindang tetel ini bukan terbuat dari ikan pindang yang ditetel melainkan terbuat dari daging sapi yang dipotong atau ditetel menjadi ukuran yang kecil. Lihat juga resep Pindang Tetel khas pekalongan ala ibu enak lainnya. Dinamakan pindang tetel karena bahan utamanya adalah daging tetelan yang dimasak seperti rawon, bedanya kalau di pekalongan dimakan.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pindang serani tetel sapi yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Pindang serani tetel sapi menggunakan 12 jenis bahan dan 2 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pindang serani tetel sapi:

  1. Gunakan 1/2 kg tetel sapi.
  2. Sediakan 1 buah nanas.
  3. Siapkan 15 buah cabai besar.
  4. Siapkan 3 bawang putih.
  5. Gunakan 4 bawang merah.
  6. Ambil 2 batang serai.
  7. Gunakan 1 ibu jari kunyit,jahe,lengkuas.
  8. Siapkan Air.
  9. Siapkan Minyak sayur.
  10. Siapkan Garam.
  11. Siapkan Penyedap rasa.
  12. Ambil Daun salam.

Meskipun bernama pindang tetel, masakan ini lebih mirip rawon dan dibuat dari tetelan daging iga sapi. PINDANG SERANI Resep by Rudy Choirudin. Pindang tetel merupakan sayur berkuah berisi tetelan daging sapi dan irisan daun bawang dengan bumbu pindang dicampur kluwek sehingga menyerupai rawon. Masakan ini disajikan dengan kerupuk merah dan kuning yang digoreng dengan pasir.

Langkah-langkah membuat Pindang serani tetel sapi:

  1. Iris semua bahan ya.
  2. Setelah di iris semua bumbu, tumis jahe, kunyit,serai,lengkuas. Setelah setengah matang masukkan irisan cabai dan bawang. Setelah harum masukkan irisan nanas dan tetel sapi beri daun salam. Beri air, garam dan penyedap rasa. Tunggu hingga matang.

Kmdn di presto sampai empuk bersama daun salam, daun jeruk, lengkuas dan sereh keprek. Pindang Serani adalah masakan atau makanan khas Jepara, Jawa Tengah (JATENG), berupa kreasi olahan dari ikan laut, biasanya ikan bandeng dan Anda bisa pakai ikan laut lainnya, pindang ikan patin (pindang serani patin), ikan kembung, ikan tenggiri, ikan kakap, ikan tongkol, dan ikan darat, ikan. Nah, pindang serani adalah salah satu masakan harus kamu cicipi jika berkunjung ke kabupaten ini. Meski dari segi penampilan mungkin Kuah pindang serani memang cukup dominan rasanya. Sementara, untuk isiannya, kamu bisa memilih beberapa ikan laut semisal kakap atau bandeng.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pindang serani tetel sapi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!