Gule kambing ala Jawa timur. Resep Gulai Kambing ala Chef Wayan dari Hotel Chanti Semarang yang Empuk dan Enggak Bau Prengus! Masakan gule kambing kota solo dan surabaya cukup terkenal karena kelezatan cita rasanya. Saat ini lumayan banyak kreasi resep masakan gule kambing ini, seperti Cara bikin gule kambing surabaya mudah dan simple.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Gulai kambing kali ini adalah versi jawa tengah atau lebih familiar disebut gule kambing. Sajian ini berkuah melimpah yang encer namun tetap Tak hanya daging, bagian kambing lainnya juga ikut dimasukkan, seperti gajih, jeroan, dan rusuk. Gule semakin nikmat dengan tambahan cabe rawit utuh.
Anda bisa mendapatkan Gule kambing ala Jawa timur dengan menggunakan 24 bahan dan 5 langkah. Silahkan dibaca semua detail {dibawah|berikut|sebagai berikut| ini.

Bahan Untuk Gule kambing ala Jawa timur

  1. daging kambing dan tetelannya.
  2. Siapkan santan kara kemasan kecil.
  3. daun salam.
  4. Ambil serai.
  5. Perlu daun jeruk.
  6. Ambil laos.
  7. Ambil air kaldu.
  8. Siapkan kapulaga.
  9. bunga lawang/pekak.
  10. cengkeh.
  11. Siapkan pala –> sisir.
  12. Siapkan kayu manis.
  13. Ambil lada bubuk.
  14. Siapkan gula merah sisir.
  15. Perlu garam.
  16. Ambil kaldu jamur.
  17. Ambil Bumbu Halus :.
  18. Perlu bawang merah.
  19. bawang putih.
  20. Perlu kemiri –> sangrai.
  21. Perlu ketumbar –> sangrai.
  22. Siapkan jahe.
  23. Ambil cabe merah keriting.
  24. Ambil kunyit.

Tongseng & Gule Kambing Pak Kumis. Ada nasi goreng kambing, rica-rica kambing, sop kambing, kambing oven, dan sambosa untuk Resep daging kambing kedua yang akan kita pelajari adalah sop kambing ala Timur Tengah alias Bumbui dengan air asam jawa, gula, dan garam. Warung Sate dan Gule Kambing Pucang tak pernah sepi pengunjung. Daging kambing Timur Tengah yang empuk dan lengas semakin nikmat disantap dengan aneka rempah dan sayuran pendamping.

Langkah Langkah Membuat Gule kambing ala Jawa timur

  1. Treatment daging untuk menghilangkan bau prengus : Didihkan air, lalu masukkan daging kambing, 2 lbr daun salam, 1 jempol jahe, 1 jempol laos, 2 lbr daun jeruk, bisa ditambahkan 1/2 bonggol nanas untuk membantu mengempukkan daging, masak sebentar kurang lebih 10 menit lalu buang air rebusan pertama, nanas dan juga daun2an.
  2. Proses pembuatan air kaldu : didihkan ulang air, masukkan daging kambing, kembali masukkan 2 lbr daun salam baru, 2 lbr daun jeruk baru, dan sisa laos dan jahe yang tadi sudah direbus. Masak hingga daging empuk. Lalu buang daun dan rempah rebusan..
  3. Sambil menunggu daging empuk, tumis bumbu halus, tambahkan 2 lbr daun salam, 2 lbr daun jeruk, laos, sereh, kapulaga, cengkeh, kayu manis, bunga lawang, pala sisir, lada bubuk.
  4. Masukkan tumisan bumbu ke rebusan daging, masak hingga mendidih, lalu masukkan setengah bagian santan kara yg sudah dicairkan. Tambahkan garam, gula merah, gula putih, dan kaldu jamur..
  5. Terakhir masukkan sisa santan kara sambil diaduk hingga matang agar santan tidak pecah. Siap disajikan.

Baca juga: Mengapa Orang Jawa Tengah Piawai Mengolah Daging Kambing? Saya sendiri berasal dari Jawa Timur, tepatnya Madura. Ketika remaja, mula-mula saya menduga semua pesantren punya adat sama seperti umumnya Bagi masyarakat santri Jawa Timur-an yang bersuku Jawa, calon santri biasanya dihantarkan oleh keluarga inti, setidaknya satu mobil. Kami sediakan kambing- kambing qurban yang sangat baik buat ibadah qurban kamu. Kambing ialah salah satu hewan menyusui yang di peruntukan bagaikan budidaya ataupun di ternak oleh mayoritas warga pada biasanya.

Inilah resep mudah memasak Gule kambing ala Jawa timur, mari dipraktekkan ditempat anda dengan memperhatikan semua bumbu bumbu dan langkah detail itu. Silahkan dibookmark halaman ini jadi anda dapat dengan cepat kembali kesini apabila ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang lainnya. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu mendapatkan update resep terkini dari kami. Selamat memasak! Inspirasi Resep diambil dari: https://cookpad.com