Tinutuan (Bubur Manado). Tinutuan is originated in Manado, a city located in North Sulawesi island of Idonesia. It is basically a rice porridge cooked with sweet potatoes, cassava, pumpkin and also veggies like spinach. Tinutuan, also known as bubur manado or Manadonese porridge is a specialty of the Manado cuisine and a popular breakfast food in the city of Manado and the surrounding province of North Sulawesi, Indonesia.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ibarat Nasi Goreng di Pulau Jawa atau Mpek-Mpek di Palembang begitu juga halnya dengan Tinutuan. Resep Bubur Manado – Wikipedia Indonesia, Tinutuan atau bubur Manado adalah makanan berupa bubur sayur yang khas dari Manado, Sulawesi Utara Indonesia. Berikut kami tampilkan cara membuat Tinutuan / Bubur Manado.

Sedang mencari ide resep tinutuan (bubur manado) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal tinutuan (bubur manado) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Tinutuan is originated in Manado, a city located in North Sulawesi island of Idonesia. It is basically a rice porridge cooked with sweet potatoes, cassava, pumpkin and also veggies like spinach. Tinutuan, also known as bubur manado or Manadonese porridge is a specialty of the Manado cuisine and a popular breakfast food in the city of Manado and the surrounding province of North Sulawesi, Indonesia.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tinutuan (bubur manado), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan tinutuan (bubur manado) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah tinutuan (bubur manado) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Tinutuan (Bubur Manado) memakai 14 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tinutuan (Bubur Manado):

  1. Ambil 100 gram beras (½ cup).
  2. Gunakan 1 genggam bayam hijau.
  3. Sediakan 1 genggam bayam merah (bisa diganti kangkung).
  4. Ambil 1/2 genggam kemangi.
  5. Siapkan 1/2 buah wortel.
  6. Siapkan 3 potong labu kuning.
  7. Gunakan 1 bonggol jagung manis.
  8. Sediakan 1 buah serai.
  9. Siapkan 1 lembar daun salam (resep asli daun kunyit).
  10. Siapkan 1 liter air.
  11. Gunakan 30 ml santan instan (½ sachet).
  12. Gunakan 1 sdt gula pasir.
  13. Ambil 1 sdt garam.
  14. Gunakan 1/2 sdt kaldu jamur.

Bubur khas Manado yang terkenal dan bergizi. JAKARTA,KOMPAS.com – Bubur manado atau tinutuan terkenal sehat dan nikmat. Bubur manado adalah bubur yang dicampur dengan aneka sayur seperti labu kuning, ubi, kangkung, bayam, daun. Bubur manado memiliki rasa yang lebih khas sehingga membuat penikmatnya menjadi ketagihan.

Langkah-langkah membuat Tinutuan (Bubur Manado):

  1. Siapkan semua bahan. Siangi bayam, potong² wortel dan labu, serut jagung.
  2. Didihkan air, masukkan beras, serai dan salam. Tutup panci, rebus 15 menit..
  3. Masukkan jagung manis. Rebus lagi kurang lebih 30 menit dengan api kecil..
  4. Selanjutnya masukkan labu kuning dan wortel. Saya ingin labunya tidak begitu hancur jadi tidak saya rebus bersamaan dg jagung diawal. Rebus 15 menit..
  5. Selanjutnya masukkan santan, gula, garam kaldu jamur. Tes rasa. Terakhir masukkan duo bayam dan kemangi. Matikan api. Bubur masih menghantarkan panas, karena tidak langsung saya makan, sayur daunnya nanti akan matang dengan sendirinya..
  6. Tinutuan siap dinikmati dengan pelengkap sambal roa dan perkedel jagung (bakwan jagung). Selamat mencoba😉.

Bila dilihat dari nama aslinya, tinutuan merupakan bahasa manado yang memiliki arti semrawut. Cicipi rasa & koreksi bumbu bila perlu. Matikan api lalu aduk masuk kemangi. Sajikan dng ikan asin, tahu, perkedel jagung & sambal. KULINER TINUTUAN/BUBUR MANADO(Manado pooridge) – PRODUKSI TVRI SULUT.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tinutuan (bubur manado) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!