Bubur Manado Tinutuan. Tinutuan is originated in Manado, a city located in North Sulawesi island of Idonesia. It is basically a rice porridge cooked with sweet potatoes, cassava, pumpkin and also veggies like spinach. Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Bubur Manado atau TINUTUAN kini menjadi makan favorite bukan hanya untuk masyarakat Manado tapi juga untuk seluruh masyarakat indonesia. Resep Bubur Manado – Wikipedia Indonesia, Tinutuan atau bubur Manado adalah makanan berupa bubur sayur yang khas dari Manado, Sulawesi Utara Indonesia. Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas dari Manado – Provinsi Sulawesi Utara.

Anda sedang mencari ide resep bubur manado tinutuan yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bubur manado tinutuan yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Tinutuan is originated in Manado, a city located in North Sulawesi island of Idonesia. It is basically a rice porridge cooked with sweet potatoes, cassava, pumpkin and also veggies like spinach. Tinutuan atau Bubur Manado adalah makanan khas Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bubur manado tinutuan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan bubur manado tinutuan enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bubur manado tinutuan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Bubur Manado Tinutuan memakai 18 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Bubur Manado Tinutuan:

  1. Siapkan 500 gr beras, cuci bersih dan masak.
  2. Gunakan 1 ikat kangkung ambil daunnya saja.
  3. Sediakan 1 buah jagung manis, pipil.
  4. Gunakan 2 buah kentang, potong kotak.
  5. Ambil 1/4 buah (me: 1/8) labu kuning uk sedang, potong kotak.
  6. Gunakan 1 buah ubi kuning uk besar, potong kotak kotak (skip).
  7. Siapkan 3 batang serai, potong.
  8. Gunakan 2 batang daun bawang, rajang halus.
  9. Gunakan 8 buah bawang merah, iris tipis.
  10. Gunakan 4 buah bawang putih, iris tipis.
  11. Siapkan secukupnya Garam (saya 1 sdm).
  12. Sediakan 1/2 sdm lada.
  13. Sediakan 1 bungkus penyedap rasa (tambahan saya).
  14. Ambil 5 sdm Minyak untuk menumis.
  15. Sediakan Pelengkap.
  16. Siapkan Tahu goreng.
  17. Gunakan Ikan kering (sapat).
  18. Ambil Sambel terasi.

Ibarat Nasi Goreng di Pulau Jawa atau Mpek-Mpek di Palembang begitu juga halnya dengan Tinutuan. Cicipi rasa & koreksi bumbu bila perlu. Matikan api lalu aduk masuk kemangi. Sajikan dng ikan asin, tahu, perkedel jagung & sambal.

Cara menyiapkan Bubur Manado Tinutuan:

  1. Siapkan bahan2 sayuran yang akan dipakai, cuci dan sisihkan.
  2. Goreng bawang putih dan bawang merah hingga harum lalu sisihkan.
  3. Dalam panci uk sedang, masukkan beras, masak hingga mendidih. Ternyata susah ngaduknya dipanci aku jadi nasinya dipindah ke wajan yang agak gede. Lalu masukkan kentang, jagung, wortel, dan sereh. Tambahkan air dan masak hingga kentang empuk.
  4. Masukkan kangkung, kacang panjang, dan kemangi, lalu aduk rata kembali. Tambahkan garam, lada bubuk dan bumbu yang sudah ditumis tadi. Aduk kembali sampai bumbu meresap..
  5. Terakhir, tambahkan rajangan daun bawang. Aduk aduk kembali, cicipi apakah sudah pas rasanya atau belum. Lalu angkat dan sajikan dengan ikan kering serta sambal terasi juga tahu..๐Ÿ‘Œ.

JAKARTA,KOMPAS.com – Bubur manado atau tinutuan terkenal sehat dan nikmat. Bubur manado adalah bubur yang dicampur dengan aneka sayur seperti labu kuning, ubi, kangkung, bayam, daun. MUKANG bubur manado tinutuan sama mie cakalang!!! Ayo ayo mulai food trip di Manado! Bubur Manado Bubur Manado atau juga dikenal dengan nama Tinutuan adalah bubur khas suku.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bubur Manado Tinutuan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!