Bubur menado. How to make Manado porridge ( bubur manado ) : Cook the rice with water and salt until half-cooked. Enter the red potatoes, yellow squash, and corn and stir well. Add the remaining vegetables, while stirring gently until cooked and thick.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Namun ada juga yang mengatakan bahwa bubur Tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Bubur ini terbuat dari campuran beberapa macam sayuran dan tidak mengandung daging sama sekali. Bubur Manado paling enak dimakan selagi hangat untuk sarapan pagi sebagai selingan pada Bubur Ayam Jakarta.

Sedang mencari ide resep bubur menado yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bubur menado yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bubur menado, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bubur menado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

How to make Manado porridge ( bubur manado ) : Cook the rice with water and salt until half-cooked. Enter the red potatoes, yellow squash, and corn and stir well. Add the remaining vegetables, while stirring gently until cooked and thick.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah bubur menado yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bubur menado menggunakan 12 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bubur menado:

  1. Ambil 1/2 gelas Beras.
  2. Sediakan Sayur Bayam.
  3. Sediakan Sayur Kangkung.
  4. Gunakan Labu kuning bater.
  5. Sediakan Labu siam.
  6. Gunakan Jagung.
  7. Siapkan Serai.
  8. Siapkan Penyedap rasa.
  9. Siapkan Merica bubuk.
  10. Gunakan Ikan asin.
  11. Gunakan Tempe.
  12. Gunakan Sambel ulek terasi.

Bubur ini sudah lezat dimakan begitu saja, namun semakin nikmat dan komplit bila dipadukan dengan bahan pelengkap seperti kerupuk, perkedel nike, Perkedel Jagung, ikan cakalang fufu atau tuna asap, ikan asin dan juga sambal terasi atau sambal roa (rica roa, dabu-dabu roa). Memang makanan khas daerah seperti ini akan terasa lebih nikmat ketika kita datang langsung ke tempatnya dan mencoba seperti apakah rasa dari masakan khas daerah tersebut. Bubur khas Manado berisi kangkung, bayam, ubi jalar merah serta jagung muda. Tambahan daun kemangi menambah aromanya menjadi lebih harum.

Langkah-langkah menyiapkan Bubur menado:

  1. Rebus Beras + serai.
  2. Setelah beras setengah matang masukan labu kuning dan jagung sampai matang.
  3. Kemudian masukan labu siam, bayam dan kangkung.
  4. Masukan penyedap rasa + lada.
  5. Bubur siap di sajikan.

Sementara rasanya tidak berbeda jauh dengan daun kangkung atau singkong. Bubur khas manado ini tidak hanya berbahan beras, namun juga aneka sayur daun, umbi, dan bahan lainnya. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik. Bubur ini menggunakan sayuran berlimpah, labu, jagung, dan singkong. Bubur Manado disajikan bersama sambal bekasang, sejenis terasi yang dibuat dari perut ikan fermentasi.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan bubur menado yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!