Sambal Goreng Kentang Kuah Santan. Assalamualaikum, kembali lagi di channel masak Dapur Sherly. Pada video kali ini aku mau berbagi resep cara membuat sambal goreng. Sambal goreng kentang merupakan lauk yang lezat dan cocok untuk berbuka.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Menu sambal goreng kentang ini selalu hadir melengkapi sajian hari Lebaran. Biasanya sambal goreng kentang dikreasikan dengan berbagai bahan lainnya, seperti ati ampela, udang, telur puyuh, teri dan banyak lagi. Nah buat kamu yang ingin mencoba membuatnya saat Lebaran, resep sambal.
Anda bisa mendapatkan Sambal Goreng Kentang Kuah Santan dengan menggunakan 25 bahan dan 9 langkah. Silahkan diperhatikan segala informasi dibawah ini.

Bahan Bahan Untuk Sambal Goreng Kentang Kuah Santan

  1. Perlu 100 gram kentang.
  2. Ambil 1 kotak tahu.
  3. Ambil telur puyuh (sesuai selera).
  4. Perlu 1 papan pete.
  5. Perlu 1 batang serai (geprek).
  6. Perlu 1 lembar daun salam.
  7. Perlu 2 lembar daun jeruk (potong tulang daunnya).
  8. Siapkan 1 ruas lengkuas (geprek).
  9. Ambil 2 buah cabai hijau (iris iris).
  10. Siapkan 100 ml santan.
  11. Ambil secukupnya air.
  12. Siapkan secukupnya minyak goreng.
  13. Siapkan secukupnya garam.
  14. Ambil secukupnya gula pasir.
  15. Siapkan secukupnya lada.
  16. Siapkan secukupnya penyedap.
  17. Ambil Bumbu Halus.
  18. Siapkan 3 siung bawang merah.
  19. Siapkan 2 siung bawang putih.
  20. Ambil 3 cabai merah keriting.
  21. Perlu cabai rawit (sesuai selera).
  22. Siapkan 1/4 ruas kunyit.
  23. Perlu 1/4 ruas jahe.
  24. Siapkan 4 butir kemiri (sangrai).
  25. Perlu 1 sdm ketumbar.

Sambal goreng kentang kering adalah sambal goreng yang dimasak tanpa menggunakan santan jadi sambalnya lebih kering dan tak mudah basi. Tekstur basah ini karena ada campuran santan. Selain itu kentang sendiri tidak digoreng, namun direbus. Sambal Goreng Kentang Hati juga sering menjadi pelengkap Nasi Tumpeng atau Nasi Kuning bersama lauk lainnya seperti Kering Tempe, Perkedel Kentang, Ayam Goreng dan Urap Sayuran.

Instruksi Membuat Sambal Goreng Kentang Kuah Santan

  1. Uleg / haluskan semua bahan bumbu halus.
  2. Potong dadu kentang, kemudian goreng, sisihkan.
  3. Potong dadu tahu, kemudian goreng, sisihkan.
  4. Rebus telur puyuh, sisihkan.
  5. Tumis bumbu halus, kemudian tambahkan serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, cabai hijau dan pete. Tumis hingga bumbu harum dan berwarna agak gelap.
  6. Masukkan air dan santan ke dalam tumisan bumbu.
  7. Tambahkan garam, gula, lada dan penyedap secukupnya.
  8. Setelah mendidih, masukkan kentang, tahu, dan telur puyuh.
  9. Siap dinikmati.

Krecek atau kerupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan mungkin tidak banyak yang mengenalnya. SAMBAL GORENG KENTANG ~Jika anda pergi dalam suatu acara syukuran atau di desa disebut dengan slametan, maka anda akan selalu menemui Sambal goreng kentang ini memang dijadikan salah satu lauk dalam hidangan di acara syukuran. Biasanya ada sambal goreng juga di masak. Sambal goreng kentang pastinya sudah tidak diragukan lagi cita rasa dan kepopuleranya. Hampir pasti menu sambal ini ada dalam setiap hajatan baik syukuran, pernikahan, ulang tahun dan kumpul-kumpul Masak sampai santan menyusut baru masukkan kentang goreng dan pete ke dalamnya.

Demikian resep membuat Sambal Goreng Kentang Kuah Santan, silahkan dipraktekkan ditempat anda dengan memperhatikan semua bahan baku dan step step detail tersebut. Ingat dibookmark halaman ini agar anda mampu dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau ingin mendapatkan artikel resep menarik yang diinginkan. Atau berikan email anda, supaya dapat selalu memperoleh update resep terbaru kalau kami. Happy Cooking