Bubur Manado. Tinutuan, also known as bubur manado or Manadonese porridge is a specialty of the Manado cuisine and a popular breakfast food in the city of Manado and the surrounding province of North Sulawesi, Indonesia. Tinutuan is a congee made from rice, pumpkin and sweet potato or cassava cooked up into a pulp, which is then mixed with corn kernels and various leafy vegetables such as kangkung (water. How to make Manado porridge ( bubur manado ) : Cook the rice with water and salt until half-cooked.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Serve porridge with complementary and Sambal Dabu-Dabu. Bubur khas manado ini tidak hanya berbahan beras, namun juga aneka sayur daun, umbi, dan bahan lainnya. Cara Membuat Bubur Manado (Tinutuan) – Menurut Wikipedia Tinutuan atau Bubur Manado adalah salah satu makanan khas Indonesia dari Sulawesi Utara tepatnya di kota Manado.

Lagi mencari ide resep bubur manado yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal bubur manado yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bubur manado, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan bubur manado enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Tinutuan, also known as bubur manado or Manadonese porridge is a specialty of the Manado cuisine and a popular breakfast food in the city of Manado and the surrounding province of North Sulawesi, Indonesia. Tinutuan is a congee made from rice, pumpkin and sweet potato or cassava cooked up into a pulp, which is then mixed with corn kernels and various leafy vegetables such as kangkung (water. How to make Manado porridge ( bubur manado ) : Cook the rice with water and salt until half-cooked.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat bubur manado yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Bubur Manado memakai 12 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bubur Manado:

  1. Sediakan 1 Mangkok Nasi.
  2. Sediakan 200 gram Labu Kuning.
  3. Ambil 1 buah Jagung pipil.
  4. Sediakan 1250 ml Air.
  5. Gunakan 1 ikat Kangkung.
  6. Sediakan 2 buah Daun Bawang (Skip kehabisan bahan).
  7. Ambil 3 buah Sereh di geprek.
  8. Gunakan 1 Mangkok Daun Kemangi.
  9. Sediakan 3 buah Bawang Putih Cincang.
  10. Sediakan 1 Sdm Minyak untuk menumis.
  11. Gunakan 1 sdt Garam.
  12. Gunakan 1 sdt Kaldu Jamur.

Namun ada juga yang mengatakan bahwa bubur Tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Bubur ini terbuat dari campuran beberapa macam sayuran dan tidak mengandung daging sama sekali. Bubur Manado paling enak di Manado sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, jika Anda sedang berada di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Utara ini. Salah satu bubur khas Indonesia yang wajib Anda cicipi adalah bubur yang berasal dari Kota Manado yaitu bubur Manado atau tinutuan.

Langkah-langkah menyiapkan Bubur Manado:

  1. Siapkan semua bahan2. Masukan nasi, labu kuning, jagung dan potongan sereh yg sudah di geprek lalu masukan air kurleb 1 liter. Masak dengan api kecil dan sesekali di aduk.
  2. Setelah labu dan jagung matang sampai menjadi bubur, kemudian tumis bawang putih.
  3. Lalu masukan bawang putih, garam, kaldu jamur, kangkung dan kemangi dan tambahkan sisa air nya.
  4. Masak hingga matang dan sajikan dgn pendamping. (Sambal terasi dan ikan asin).

Resep cara membuat bubur manado, salah satu makanan khas daerah Indonesia yang populer. Selain rasa yang enak, juga bergizi tinggi ya. Hal ini lantaran tidak sekedar terbuat dari beras, tapi juga beberapa jenis sayuran. Memang makanan khas daerah seperti ini akan terasa lebih nikmat ketika kita datang langsung ke tempatnya dan mencoba seperti apakah rasa dari masakan khas daerah tersebut. Bubur Manado paling enak dimakan selagi hangat untuk sarapan pagi sebagai selingan pada Bubur Ayam Jakarta.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat bubur manado yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!