Bika Ambon.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep bika ambon yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bika ambon yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bika ambon, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan bika ambon yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan bika ambon sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Bika Ambon menggunakan 18 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Bika Ambon:

  1. Siapkan Bahan Santan Bika Ambon :.
  2. Ambil 1 butir kelapa parut tua.
  3. Gunakan 450 ml air kelapa (air putih biasa juga bs).
  4. Ambil 2 lembar daun serai.
  5. Ambil 5 lembar daun jeruk.
  6. Ambil 1 sdt kunyit bubuk.
  7. Gunakan 1/2 sdt garam.
  8. Ambil Bahan Biang :.
  9. Siapkan 11 gram ragi instant.
  10. Ambil 6 sdm air.
  11. Gunakan 1 sdm tepung terigu.
  12. Sediakan Bahan Adonan Bika Ambon :.
  13. Ambil 10 kuning telur.
  14. Ambil 2 butir telur.
  15. Siapkan 300 gram tepung tapioka.
  16. Ambil 300 gram gula pasir.
  17. Sediakan 400 santan matang (resep diatas).
  18. Siapkan Biang (resep diatas).

Cara membuat Bika Ambon:

  1. Santan : Peras kelapa dengan air kelapa atau air biasa. Rebus santan bersama dengan daun jeruk, garam, daun serai dan kunyit bubuk. Aduk terus, jika sdh mendidih matikan api dan dinginkan santan. Pakai santan 400 ml..
  2. Biang : campur semua bahan biang jadi satu. Biarkan hingga bergelembung..
  3. Kocok telur dan gula pasir hingga tercampur rata, masukkan santan, kocok lagi.. Masukkan tepung tapioka dan kocok lagi..
  4. Masukkan biang kocok lagi, saring adonan..
  5. Pukul pukul adonan sekitar 10-15 menit. Diamkan adonan selama 3 jam..
    Bika Ambon
    • Facebook
    • Twitter
    • Pinterest
    • LiveJournal
  6. Setelah 3 jam, sebelumnya olesi loyang dgn minyak dan panaskan loyang di dlm oven (me : uk. 18×18 x7). Tuang adonan ke dalam loyang, panggang dalam posisi pintu oven terbuka sedikit selama 45 menit. Setelah 45 menit tutup pintu oven, dan lanjutkan memanggang lagi kira kira 15 menit (tergantung oven masing masing). Jgn lupa tusuk dgn lidi untuk mengecek tingkat kematangan..
  7. Angkat bika ambon dr oven, diamkan sampai bener-bener dingin supaya bisa di ambil dari loyang, dibutuhkan kesabaran waktu mengambil kue..

Demikianlah artikel membuat Bika Ambon, mari dilakukan dirumah anda dengan memperhatikan semua bahan dan langkah detail tersebut diatas. Silahkan dibookmark halaman ini agar anda mampu dengan cepat kembali kesini jikalau ada yang terlupa atau bermaksud menemukan artikel resep menarik yang sesuai. Atau berikan email anda, agar selalu mendapatkan update resep terpopuler dari kami. Selamat memasak!. Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Bangun dengan tekad dan semangat, tidur dengan kepuasan dan hati yang tenang.”