Pindang Ikan "Baung" ala PeniCand. Resep Pindang Ikan Baung wajib Anda coba dirumah. resep ini berbahana dasar ikan baung salai yang dicampurkan dengan beberapa bumbu ala palembang Alangkah baiknya jika Anda langsung membuatnya sendiri dirumah dengan panduan Resep Pindang Ikan Baung yang Lezat dibawah ini. Menikmati pindang ikan Baung sangatlah tepat bila dikonsumsi ketika makan siang. Setelah ditaburi sedikit daun kemangi segar, kuahnya yang kaya rempah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Lrbih spesifik lagi, pindang dikenal dengan Pindang Meranjat dan Pindang Pegagan. Ikan yang biasa dimasak pindang adalah ikan patin dan ikan baung. Ikan baung merupakan keluarga jenis ikan lele yang secara fisik baik dari bentuk dan tubuh hampir mirip.

Lagi mencari ide resep pindang ikan "baung" ala penicand yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang ikan "baung" ala penicand yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Pindang Ikan Baung wajib Anda coba dirumah. resep ini berbahana dasar ikan baung salai yang dicampurkan dengan beberapa bumbu ala palembang Alangkah baiknya jika Anda langsung membuatnya sendiri dirumah dengan panduan Resep Pindang Ikan Baung yang Lezat dibawah ini. Menikmati pindang ikan Baung sangatlah tepat bila dikonsumsi ketika makan siang. Setelah ditaburi sedikit daun kemangi segar, kuahnya yang kaya rempah.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pindang ikan "baung" ala penicand, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan pindang ikan "baung" ala penicand yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah pindang ikan "baung" ala penicand yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Pindang Ikan "Baung" ala PeniCand menggunakan 16 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pindang Ikan "Baung" ala PeniCand:

  1. Sediakan 1 ekor ikan baung kurleb 7 ons, potong sesuai selera.
  2. Ambil 5 bawang putih, iris tipis/cincang.
  3. Sediakan 7 bawang merah, iris tipis.
  4. Gunakan 2 cabe merah, potong serong.
  5. Sediakan 10 cabe rawit utuh, (sesuai selera).
  6. Sediakan 10 buah tomat kecil (sesuai selera).
  7. Sediakan 2 cm kunyit, iris tipis spt bawang merah/putih.
  8. Siapkan 1 serai, geprek.
  9. Gunakan sedikit jahe, geprek.
  10. Ambil 3 lbr daun salam.
  11. Sediakan 3 lembar daun jeruk.
  12. Sediakan 4-6 belimbing sayur (2-3 diutuhkan, sisanya diiris tipis).
  13. Ambil 1 sdt gula pasir.
  14. Siapkan 1 sdt garam.
  15. Ambil sedikit kaldu ayam/sapi instan (sesuai selera).
  16. Sediakan 750 ml air, kurleb.

Di habitat aslinya ikan baung mamou hidup diperairan air tawar hingga air. Makanan khas Lampung karna saya besar di Lampung. Kemarin mama bawain ikan baung sungai fresh dari Lampung, jadi langsung eksekusi. Ikan baung termasuk jenis ikan konsumsi dalam keluarga lele.

Cara membuat Pindang Ikan "Baung" ala PeniCand:

  1. Cuci bersih ikan baung. Siapkan bumbu.
  2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak goreng. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah dan kunyit. Aduk sampai bawang harum dan sedikit menguning, masukkan daun salam, daun jeruk, jahe dan serai. Aduk sampai layu..
  3. Masukkan air, cabe rawit utuh, tomat, belimbing sayur,garam, gula dan kaldu instan…tunggu hingga mendidih, kecilkan api agar bumbu mersap dalam kuah. Ambil 3 belimbing sayur utuh, hancurkan dengan sedikit air…masukkan kembali dalam wajan. Test rasa.
  4. Setelah bumbu meresap dan tes rasa sudah pas, masukkan ikan. Balik ikan dengan pelan agar ikan tidak hancur. Kurlep 5-10 menit ikan sdh matang dan matikan kompor..
  5. Hidangkan dalam mangkok. Rasa pindang yg manis asin asem dan pedas cabe rawit ini sangat menggugah selera keluarga,,,.
  6. Ikan baung bisa diganti dengan ikan lain, atau ikan yg mudah didapatkan, misalnya ikan patin.

Bedanya, patil atau duri yang berada disamping kiri dan kanan kepalanya tidak mempunyai Pembenihan Pemijahan ikan baung dilakukan secara buatan dengan suntikan hormon. Sementara pemijahan secara alami diperkirakan tidak terlalu. Ikan baung/tagih termasuk tipe catfish (lele) dan patin dengan nama latin hemibagrus nemurus. Penyebaran ikan air tawar ini cukup luas di Indonesia bahkan sampai mencapai Ikan baung/tagih termasuk binatang nokturnal yakni lebih suka berkeliaran di malam hari untuk mencari makan. Ikan baung merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang bernilai protein tinggi, sehingga banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Pindang Ikan "Baung" ala PeniCand yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!