Mi ayam. Mi ayam atau bakmi ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mi kuning direbus mendidih kemudian ditaburi saus kecap khusus beserta daging ayam dan sayuran. Mi ayam terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit, dan jamur. Bagi pencinta mi, mencoba mi ayam di berbagai tempat merupakan suatu kepuasan tersendiri.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Penasaran nggak, sih, kedai mi ayam mana yang paling juara di Kota Petir ini? mi ayam. Mi ayam adalah salah satu hidangan yang kini sudah menjadi olahan mie yang sangat terkenal dan digemari oleh Mie ayam solo ini memiliki ciri-ciri rasa yang manis dan kuat bumbu rempahnya. Brilio.net – Mie ayam merupakan salah satu hidangan yang digemari banyak orang.

Anda sedang mencari ide resep mi ayam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal mi ayam yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mi ayam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mi ayam yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Mi ayam atau bakmi ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mi kuning direbus mendidih kemudian ditaburi saus kecap khusus beserta daging ayam dan sayuran. Mi ayam terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit, dan jamur. Bagi pencinta mi, mencoba mi ayam di berbagai tempat merupakan suatu kepuasan tersendiri.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat mi ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Mi ayam memakai 30 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Mi ayam:

  1. Siapkan Mi untuk mi ayam. Bisa beli dipasar.
  2. Siapkan Sawi.
  3. Gunakan Minyak bawang.
  4. Ambil Sambel.
  5. Siapkan Cabe rawit ijo.
  6. Sediakan Bawang putih.
  7. Ambil Semur untuk mi ayam.
  8. Ambil Ayam ½ ekor (bagian dada).
  9. Sediakan 10 siung Bawang merah.
  10. Siapkan 3 siung Bawang putih.
  11. Sediakan 2 biji Kemiri.
  12. Siapkan 1 ruas Kunyit.
  13. Ambil Daun jeruk.
  14. Ambil Sereh.
  15. Siapkan Kecap manis.
  16. Sediakan Garam.
  17. Siapkan Kaldu jamur.
  18. Sediakan Gula merah.
  19. Sediakan Ngohiong.
  20. Siapkan Kuah.
  21. Gunakan Air.
  22. Gunakan Daun pre (bisa diganti daun bawang).
  23. Sediakan Garam.
  24. Gunakan Lada.
  25. Gunakan Kaldu bubuk.
  26. Siapkan Cabe acar.
  27. Ambil Cabe merah keriting.
  28. Gunakan Cuka.
  29. Sediakan Gula.
  30. Sediakan Garam.

Rasanya yang lezat dan kemudahan untuk mendapatkannya, jadi banyak alasan orang menyukai olahan mie yang satu ini. Mau resep mie ayam enak dan berencana membuat mie ayam sendiri di rumah dengan bumbu serta topping yang bisa diatur sesuka hati? Anda sekarang berada di halaman yang tepat. Mi ayam mangkuk atau mie ayam mangkok tak hanya unik, tapi enak juga lho.

Langkah-langkah menyiapkan Mi ayam:

  1. Bersihkan ayam, potong kecil².
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit dihaluskan. Geprek sereh.
  3. Untuk membuat semurnya. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, masukkan sereh dan daun jeruk. Masukkan ayam tambahkan air. Masukkan gula merah, kecap manis, garam, kaldu jamur, ngohiong. Masak hingga matang.
  4. Untuk sambelnya. Rebus cabe rawit dan bawang putih. Haluskan.
  5. Untuk kuah mi ayam. Rebus air, tambahkan garam, kaldu jamur, lada bubuk, daun pre.
  6. Untuk acar cabe, potong² cabe merah, siram air hangat, kasi cuka, garam dan gula.
  7. Setelah semua bahan tersedia. Rebus mi dan sawi. Kemudian mi dicampur dengan minyak bawang. Tambahkan semur, sambel dan kuah sesuai selera. Hidangkan.

Saat datang ke warung yang menjual mi ayam mangkuk, semilir wangi mi ayam akan siap menggoda kamu. Selain menu penyetan, mi ayam adalah menu sejuta umat. Mi Ayam Tenda Biru adalah salah satu mi ayam yang hits di Surabaya. Menunya ada dua yaitu mi ayam biasa dan mi ayam bakso. Mi ayam jadi makanan favorit banyak orang.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mi ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!