Pindang Patin Labu Siam. Cara menanam labu siam tidaklah terlalu sulit karena labu siam merupakan tanaman dengan daya tahan hidup yang tinggi. Labu siam bisa ditanam didataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini masuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ikan patin diolah jadi sop ikan patin labu siam enak gurih loh teman-teman. ikan patin sangat bermanfaat untuk kesehatan. masak sop ikan patin dengan cara. Selain Sup Pindang Tulang, Palembang juga punya sajian sup yang sangat populer yaitu Pindang Ikan Patin. Labu siam kerap disajikan dalam masakan, termasuk dalam bentuk jus labu siam.

Anda sedang mencari ide resep pindang patin labu siam yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal pindang patin labu siam yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pindang patin labu siam, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan pindang patin labu siam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan istimewa.

Cara menanam labu siam tidaklah terlalu sulit karena labu siam merupakan tanaman dengan daya tahan hidup yang tinggi. Labu siam bisa ditanam didataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman ini masuk dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae).

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah pindang patin labu siam yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Pindang Patin Labu Siam memakai 19 jenis bahan dan 3 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Pindang Patin Labu Siam:

  1. Sediakan 1 kilo ikan patin, potong sesuai selera, bersihkan.
  2. Siapkan 2 buah labu siam, kupas, potong sesuai selera.
  3. Siapkan 4 ikat kemangi, siangi.
  4. Siapkan 1 buah tomat, potong sesuai selera.
  5. Sediakan 2 mata asam kandis.
  6. Siapkan 1 batang sereh, geprak.
  7. Gunakan 1 lembar daun kunyit.
  8. Sediakan 10 buah cabai rawit merah.
  9. Gunakan 500 ml air.
  10. Sediakan Secukupnya garam.
  11. Ambil Secukupnya gula.
  12. Ambil Secukupnya penyedap rasa ayam, jika suka.
  13. Siapkan Bumbu halus.
  14. Siapkan 5 buah cabai merah keriting.
  15. Siapkan 10 siung bawang merah.
  16. Sediakan 8 siung bawang putih.
  17. Sediakan 1 ruas kunyit.
  18. Siapkan 1 ruas jahe.
  19. Gunakan 5 butir kemiri.

Selain nikmat ternyata juga punya manfaat untuk kesehatan lho. Labu siam mengandung senyawa antioksidan di antaranya quercetin, myricetin, morin, dan kaempferol. Labu siam dikenal juga dengan sebutan jipang atau labu jipang, buah dan pucuk mudanya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran. Tanaman labu siam banyak dibudidayakan di Indonesia, batangnya merambat dan memiliki karakter mirip dengan tanaman gambas.

Langkah-langkah menyiapkan Pindang Patin Labu Siam:

  1. Siapkan wajan. Letakkan ikan patin yang sudah dibersihkan dengan bumbu halus, daun kunyit, cabai rawit merah, sereh geprek, asam kandis dan air..
  2. Masak ikan sampai mendidih, lalu masukkan labu siam, masak sampai mendidih dan labu siam lunak.
  3. Masukkan kemangi, aduk rata. Masukkan garam, gula dan penyedap rasa ayam. Koreksi rasa dan sesuaikan dengan selera. Aduk sebentar sampai mendidih lalu matikan api. Diamkan sampai hangat dan rasa menyatu baru sajikan dengan nasi putih.

Menu yang tersedia diantaranya adalah pindang patin, pindang baung, pindang tulang dan berbagai olahan ikan khas Palembang. Berbagai olahan pindang disajikan dengan lalapan yang berisi daun singkong, jengkong, kacang rebus, wortel dan labu siam. Punya labu siam namun bingung mau diolah menjadi apa? Yuk buat saja sayur labu siam kuah santan kuning yang lezat! Sayur labu siam kuah santan kuning ini bisa anda buat dengan mudah di rumah sebagai menu santap bersama keluarga.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pindang Patin Labu Siam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!