Tongkol Asap Bumbu Kunyit. Tongkol Bumbu Kuning (Batu'up) enak lainnya. Bumbu kuning yang simpel sangat sedap dipadukan dengan ikan tongkol. Daging ikan tongkol yang gurih ini juga tidak mudah hancur sehingga aman bila dimasak lama.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Ikan tongkol kali ini akan kami buat menjadi makanan enak yaitu ikan tongkol goreng. Selain lebih sehat karena bebas pengawet, Anda juga bisa membuat citarasanya sesuai selera. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik.

Lagi mencari inspirasi resep tongkol asap bumbu kunyit yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol asap bumbu kunyit yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari tongkol asap bumbu kunyit, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan tongkol asap bumbu kunyit yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Tongkol Bumbu Kuning (Batu'up) enak lainnya. Bumbu kuning yang simpel sangat sedap dipadukan dengan ikan tongkol. Daging ikan tongkol yang gurih ini juga tidak mudah hancur sehingga aman bila dimasak lama.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat tongkol asap bumbu kunyit yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Tongkol Asap Bumbu Kunyit menggunakan 20 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Tongkol Asap Bumbu Kunyit:

  1. Ambil 3 ekor tongkol asap.
  2. Gunakan 2 batang daun bawang.
  3. Ambil 6 buah tomat kecil.
  4. Siapkan Bumbu ulek:.
  5. Gunakan 10 buah cabai rawit merah.
  6. Sediakan 3 siung bawang putih.
  7. Siapkan 8 siung bawang merah.
  8. Ambil Seruas kunyit.
  9. Ambil Seruas jahe.
  10. Sediakan 3 butir kemiri.
  11. Ambil Bumbu cemplung :.
  12. Gunakan 1 lembar daun salam.
  13. Gunakan 1 batang sereh.
  14. Sediakan Seruas lengkuas.
  15. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  16. Gunakan Iris Cabai hijau.
  17. Ambil Seasoning:.
  18. Sediakan Gula merah.
  19. Siapkan Garam.
  20. Sediakan Kaldu bubuk.

Masukkan asam kandis, lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, dan daun kunyit. Masukkan ikan tongkol dan belimbing wuluh. Masak dengan api kecil hingga ikan matang dan kuah menyusut. Yuk langsung kita praktekkan membuat Mangut tongkol asap.

Langkah-langkah menyiapkan Tongkol Asap Bumbu Kunyit:

  1. Siapkan bahan2. Cuci bersih ikan tongkol asap. Buang kepala dan duri lalu potong agak kecil dan goreng setengah mateng.
  2. Iris tomat dan daun bawang.
  3. Tumis bumbu ulek+bumbu cemplung dan gula jawa hingga keluar minyak / gula jawa larut.
  4. Masukkan tomat dan daun bawang.
  5. Masukkan seasoning. Cek rasa lalu tambahkan tongkol asap yg sdh digoreng dan dipotong kedalam wajan.
  6. Cek rasa lagi. Bisa tambahkan sedikit air agar tidak gosong. Bila kurang manis bisa tambahkan gula pasir.
  7. Masak hingga semua matang dan tercampur dgn baik. Sajikan dgn nasi hangat.

Dengan nama masakannya yaitu ikan tongkol bumbu kuning, ikan tongkol bumbu kuning ini terbuat dari racikan bumbu-bumbu seperti kunyit, bawang putih, bawang merah, lengkuas serta bumbu rempah yang lainnya. Bisa anda jadikan referensi sebuah masakan dari ikan tongkol yang baru untuk hari ini, sebagai menu masakan yang sehat pastinya. Bumbu yang dihaluskan adalah bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, kemiri, dan ketumbar. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk, daun salam, dan serai. Lalu, tambahkan kecap, saus tomat, dan tomat.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Tongkol Asap Bumbu Kunyit yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!