Gulai Cabai Tongkol Asap. Gulai ikan tongkol bumbu cabai rawit yang enak dan lezat siap untuk disajikan. Jangan Lewatkan : Resep Bola-Bola Tahu Crispy Gurih. Ikan tongkol yang dilumuri jeruk nipis bertujuan agar ikan tongkol terasa segar dan tidak bau amis saat dimasak.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sajian gulai dengan racikan aneka bumbu dan rempah ini mampu menyamarkan amis sekaligus melezatkan ikan tongkol segar. Resep kali ini cocok bagi anda yang ingin membuat gulai berkuah kuning dengan rasa pedas tidak terlalu menggigit, yaitu dengan hanya menggunakan cabai rawit hijau. Tadaa seporsi ikan tongkol gulai keumamah pun siap disantap berserta keluarga.

Lagi mencari inspirasi resep gulai cabai tongkol asap yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai cabai tongkol asap yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai cabai tongkol asap, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan gulai cabai tongkol asap yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Gulai ikan tongkol bumbu cabai rawit yang enak dan lezat siap untuk disajikan. Jangan Lewatkan : Resep Bola-Bola Tahu Crispy Gurih. Ikan tongkol yang dilumuri jeruk nipis bertujuan agar ikan tongkol terasa segar dan tidak bau amis saat dimasak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan gulai cabai tongkol asap sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Gulai Cabai Tongkol Asap memakai 14 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Gulai Cabai Tongkol Asap:

  1. Gunakan 100 gr ikan tongkol asap/ sisa ikan bakar.
  2. Siapkan 4 buah kentang ukuran sedang, belah sesuai selera.
  3. Gunakan 12 buah cabai hijau, belah 2 tapi jangan putus.
  4. Ambil 1 butir bawang merah, rajang.
  5. Siapkan 750 ml santan dengan kekentalan sedang.
  6. Sediakan 1 batang serai, geprek.
  7. Ambil Secukupnya garam.
  8. Siapkan 🍁Bumbu Halus 🍁.
  9. Siapkan 8 buah cabai rawit.
  10. Siapkan 2 buah cabai merah.
  11. Ambil 3 butir bawang merah.
  12. Siapkan 1/2 ruas jari kunyit.
  13. Sediakan 1/4 ruas jari jahe.
  14. Ambil 4 buah sunti.

Oya ikan tongkol gulai keumamah ini lebih maknyus disantap dengan sepiring nasi hangat lho, hati-hati bisa nambah lagi dan lagi. Ini sebenarnya mau bikin sambal roa tapi di sini ikan roa mah siapa yang jual euy. Yasud bikin versi kw supernya saja pakai irisan tongkol asap yang dihaluskan pakai blender. Biasanya tomat dan bawang merahnya diiris tipis, tapi.

Langkah-langkah menyiapkan Gulai Cabai Tongkol Asap:

  1. Suir² tongkol asap agak besar, jangan Suir terlalu kecil ya karena nanti daging ikannya akan hancur saat di masak. Sisihkan..
  2. Campurkan semua bahan kecuali cabai hijau, masak hingga santan mendidih. Jangan lupa terus diaduk agar santan tidak pecah..
  3. Setelah santan mendidih masukkan cabai hijau, masak hingga kentang matang dan bumbu meresap pada ikan. Tes rasa..
  4. Siap disantap..

Olahan Ikan – Bagaimana Cara membuat Gulai Ikan Tongkol Khas Padang, Apa Saja Resepnya? – Tak ada bosan-nya kalau kita makan kerumah masakan Padang, semuanya enak dan dapat di terima lidah berbagai suku di indonesia. Ada berbagai olahan ikan yang ada di Rumah Makan Padang ikan nila, ikan kakap, ikan kembung dan yang akan saya bagikan ini adalah ikan tongkol dimasak gulai, itu lho yang pakai. Tumisan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan kemiri dicampur dengan santan. Kemudian, ditambahkan daun jeruk, asam kandis, dan daun kunyit. Setelah itu, ikan tongkol dimasukkan dan diaduk perlahan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gulai cabai tongkol asap yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!