Balado Tongkol Bumbu Rempah. Ceritanya suami emang doyan banget makan ikan, liat isi kulkas ternyata masih punya stock ikan tongkol asap. Langsung deh cus pergi ke dapur buat memasak riaaaašŸ˜. Doi suka banget kalo dimasakin balado ikan tongkol bumbu rempah.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Semoga resep ikan tongkol bumbu balado pedas ini bisa menjadikan anda menambah pengalaman untuk memasak ikan tongkol, untuk resep anek aneka ikan tongkol coba Resep Ikan Tongkol Cabai Hijau Pedas. Dendeng, ayam, telur, dan ikan adalah bahan makanan yang sering dimasak dengan bumbu balado. Khusus ikan, jenis ikan yang berdaging tebal dan padat lebih cocok untuk dibuat balado, seperti ikan tuna, tongkol, dan kembung.

Sedang mencari ide resep balado tongkol bumbu rempah yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal balado tongkol bumbu rempah yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari balado tongkol bumbu rempah, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan balado tongkol bumbu rempah yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Ceritanya suami emang doyan banget makan ikan, liat isi kulkas ternyata masih punya stock ikan tongkol asap. Langsung deh cus pergi ke dapur buat memasak riaaaašŸ˜. Doi suka banget kalo dimasakin balado ikan tongkol bumbu rempah.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan balado tongkol bumbu rempah sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Balado Tongkol Bumbu Rempah menggunakan 9 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Balado Tongkol Bumbu Rempah:

  1. Ambil 4 ekor Ikan Tongkol Asap.
  2. Siapkan 5 butir Bawang Merah.
  3. Siapkan 3 butir Bawang Putih.
  4. Ambil 7 butir Cabe Rawit Merah.
  5. Siapkan 1 buah Tomat.
  6. Siapkan 2 butir Kemiri.
  7. Gunakan 1 Rimpang Jahe.
  8. Siapkan 1 Rimpang Kunyit.
  9. Ambil secukupnya Garam dan gula pasir.

Bukan hanya ikan segar, ikan pindang pun cocok dan super lezat diolah jadi sajian ini. Namun ada juga yang mengolahnya menjadi sarden, dimasak cabai hijau, balado dan banyak lainnya. Selain itu tongkol juga cocok dipadukan dengan campuran bahan lain seperti tahu dan juga tempe. Dengan perpaduan bumbu dapur dan rempah-rempah yang pas, pastinya akan menghasilkan hidangan yang sederhana dan bikin nagih..

Langkah-langkah membuat Balado Tongkol Bumbu Rempah:

  1. Potong ikan tongkol menjadi 3 bagian.
  2. Siram dengan air panas kemudian tiriskan.
  3. Goreng ikan tongkol.
  4. Langkah selanjutnya adalah buat bumbu rempahnya. Siapkan bawang merah, bamput, jahe, kunyit, kemiri, tomat, cabe rawit merah diuleg sampai halus. Kemudian tumis bumbu hingga matang..
  5. Setelah bumbu ditumis hingga matang, (ciri-ciri bumbu matang ketika minyak terpisah dari bumbu dan aromanya harum) kemudian masukan ikan tongkol yang sudah digoreng. Lalu aduk-aduk hingga tercampur dengan bumbu rempahnya. Kemudian masukan air, gula dan garam secukupnya.
  6. Balado ikan tongkol bumbu rempah siap disajikan.

Pada dasarnya, balado yang asli Minang hanya memakai bumbu sederhana seperti cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang putih, dan bawang merah. Namun jika anda penggemar rempah seperti saya, tak ada salahnya menambahkan aneka bumbu dan rempah demi memperkaya rasa balado. Setelah minyak panas, silahkan tumis bumbu balado yang telah dihaluskan hingga tercium bau harum yang sedap. Lalu tambahkan garam, gula dan bumbu penyedap kedalam tumisan bumbu lalu aduk-aduk merata. Masukkan ikan tongkol kedalamnya dan aduk-aduk merata sampai bumbu meresap pada ikan.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat balado tongkol bumbu rempah yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!