Semar mendem (lemper ketan). Rasanya menyerupai lemper, tapi tampilannya lebih cantik karena menggunakan telur dadar untuk membalut ketannya. Semar mendem yang merupakan salah satu camilan khas Jawa ini mudah dibuat, kok. Semar mendem dan lemper punya kesamaan, yaitu kue basah yang dibuat dari nasi ketan yang dimasak bersama santan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kue tradisional yang terbuat dari beras ketan seperti ini memiliki kemiripan dengan lemper namun dilapisi dengan kulit telur dadar tipis sehingga memiliki. Semar mendem which is lemper wrapped in thin omelette. A variant snack almost identical to lemper is called semar mendem.

Apakah anda sedang mencari inspirasi untuk resep semar mendem (lemper ketan) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal semar mendem (lemper ketan) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semar mendem (lemper ketan), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan semar mendem (lemper ketan) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Rasanya menyerupai lemper, tapi tampilannya lebih cantik karena menggunakan telur dadar untuk membalut ketannya. Semar mendem yang merupakan salah satu camilan khas Jawa ini mudah dibuat, kok. Semar mendem dan lemper punya kesamaan, yaitu kue basah yang dibuat dari nasi ketan yang dimasak bersama santan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah semar mendem (lemper ketan) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Semar mendem (lemper ketan) menggunakan 23 jenis bahan dan 7 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Semar mendem (lemper ketan):

  1. Ambil Bahan isi :.
  2. Siapkan 1/2 kg ayam dada.
  3. Siapkan 5 siung bawang merah.
  4. Ambil 3 siung bawang putih.
  5. Sediakan 1 bks santan instan 65 ml.
  6. Gunakan 2 btang sereh.
  7. Siapkan 2 lbr daun salam.
  8. Ambil 2 lbr daun jeruk.
  9. Siapkan 1/2 sdt bubuk kaldu.
  10. Ambil Garam, gula pasir.
  11. Siapkan Bahan lemper ketan :.
  12. Gunakan 1/2 kg ketan putih.
  13. Gunakan 1 bks santan instan 65 ml +200ml air biasa.
  14. Ambil 1/2 sdt garam.
  15. Siapkan 2 lbr daun salam.
  16. Ambil 2 batang sereh.
  17. Sediakan Kulit :.
  18. Gunakan 2 butir telor.
  19. Ambil 5 sdm air.
  20. Siapkan Sejumput garam.
  21. Gunakan Garnish :.
  22. Siapkan Cabe iris serong.
  23. Siapkan Atau daun sledri.

Both are glutinous rice filled with shredded seasoned chicken. Instead of banana leaf wrapping, semar mendem uses a thin omelette as wrapper. Bila lemper adalah kudapan favorit maka anda harus coba semar mendem ini. Yup, saking enaknya, sang semar (tokoh perwayangan) pun dibuat Legit dan gurihnya ketan berpadu dengan manis isian ayam, balutan dadar, dan creamy siraman sausnya.

Cara membuat Semar mendem (lemper ketan):

  1. Rebus ayam dada sampai empuk. Suwir² dagingnya lanjut diiris². Sisihkan dulu. Giling bumbu. Tumis sampai harum. Masukkan daun jeruk, daun salam, sereh. Masukkan ayam iris² tadi. Tuang santan. Icip rasa. Aduk sampai air menyusut, dan bener² kering. Matang, diamkan dulu.
  2. Cuci beras ketan. Kukus selagi mentah selama 30 menit. Angkat.
  3. Selagi ketan masih panas.Rebus santan beri air sekitar 200ml, beri garam, sereh, daun salam. Mendidih langsung tuang ke ketan tadi. Aduk rata, sampai semua basah. Kukus lagi kurleb 40 menit. Matang dan empuk, angkat.
  4. Sambil menunggu matang. Kita bikin dadaran kulit nya dulu. Saya Pakai teflon uk 18 cm. Kocok bahan kulit, meloyang sampai selesai. 2 telor itu sy jadi sekitar 10 lembar. Tinggal kalikan saja sesuai kebutuhan ya.
  5. Caranya. Ambil ¾ sdm ketan matang, beri isi 1sdt ayam.Tutup dgn ¼ sdm ketan lagi. Padat²kan.
  6. Siapkan selembar kulit lakukan spti gbr. Gulung. Lakukan sampai selesai..
  7. Bungkus dgn plastik, beri garnish cabe, bisa juga daun sledri. Sajikan..

Isi semar mendem pun mirip dengan lemper nih. Yap, ketan yang diisi abon dan suwiran ayam kemudian dipadatkan. Melahap satu atau dua buah semar mendem saja rasanya sudah kenyang ya! Semar mendem tampaknya cocok nih sebagai camilan berat pengganjal perut. Semar mendem inggih punika salah satunggaling jajanan pasar khas Jawa Tengah ingkang dipundamel saking wos ketan.

Inilah resep membikin Semar mendem (lemper ketan), monggo disajikan didapur anda dengan memperhatikan semua bahan bahan dan petunjuk detail tersebut diatas. Silahkan dibookmark website ini jadi anda bisa dengan mudah kembali kesini bila ada yang terlupa atau ingin mencari artikel resep menarik yang diinginkan. Atau tinggalkan email anda, supaya selalu memperoleh update resep terkini dari kami. Selamat masak. Inspirasi Resep didapatkan dari: https://cookpad.com

“Hari kemarin, bagaimanapun baik buruknya telah berlalu. Sambut pagi ini dengan semangat dan harapan baru.”