Tongkol Tangkil (kulit melinjo). Lihat juga resep Kering Kulit Melinjo-Teri-Kacang enak lainnya. Resep Tumis Kulit Melinjo (kulit tangkil) Teri Pete. Makanan ini bukanlah hal asing di keluarga saya mengingat Papa adalah orang Banten (ini bahan makanan yg sgt wajar disana).

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Masak hingga matang dan air habis, angkat dan sajikan. Tidak ada komentar: Tanaman Melinjo (Tangkil) memiliki nama ilmiah Gnetum gnemon. Melinjo atau disebut juga dengan mlinjo, bilinjo, atau tangkil adalah tanaman dengan biji terbuka.

Lagi mencari ide resep tongkol tangkil (kulit melinjo) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal tongkol tangkil (kulit melinjo) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari tongkol tangkil (kulit melinjo), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan tongkol tangkil (kulit melinjo) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Lihat juga resep Kering Kulit Melinjo-Teri-Kacang enak lainnya. Resep Tumis Kulit Melinjo (kulit tangkil) Teri Pete. Makanan ini bukanlah hal asing di keluarga saya mengingat Papa adalah orang Banten (ini bahan makanan yg sgt wajar disana).

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat tongkol tangkil (kulit melinjo) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Tongkol Tangkil (kulit melinjo) memakai 15 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Tongkol Tangkil (kulit melinjo):

  1. Siapkan 15 potong tongkol asap.
  2. Ambil 1/4 kg kulit melinjo.
  3. Siapkan 10 butir cabai merah.
  4. Ambil 15 butir cabai rawit merah.
  5. Siapkan 4 siung bawang putih.
  6. Ambil 5 siung bawang merah.
  7. Sediakan 100 ml air.
  8. Sediakan Secukupnya minyak untuk menumis.
  9. Siapkan Bumbu-bumbu.
  10. Sediakan 1 sdm kecap asin.
  11. Sediakan 2 sdm saus tiram.
  12. Gunakan 1 sdm kecap manis.
  13. Ambil 1/4 sdt kecap ikan.
  14. Siapkan 1 sdm minyak wijen.
  15. Gunakan 1/2 sdt merica.

Mempunyai sistem perakaran tunggang dengan batang bulat, dan bertekstur kayu dan keras. Daun melinjo tunggal memiliki bentuk lonjong dan menyirip pada tulang. Kulit melinjo atau tangkil bisa didapat dari mana saja, dari pohonnya langsung atau yang ada di pasar. Tangkil dapat diolah dengan cara ditumis, disayur, atau direbus (sesuai selera).

Langkah-langkah menyiapkan Tongkol Tangkil (kulit melinjo):

  1. Rebus kulit melinjo hingga empuk, sisihkan..
  2. Goreng tongkol asap tapi sebentar saja kira-kira seluruh permukaan tergoreng. Angkat sisihkan..
  3. Tumis bawang putih bawang merah cabai rawit dan merah hingga harum..
  4. Tambahkan kulit melinjo. Oseng sebentar dan masukkan air hingga mendidih..
  5. Masukkan tongkol dan bumbu-bumbu. Aduk, koreksi rasa, jika sudah pas, angkat..

Pertama : Kulit buah dari biji tangkil / melinjo dibuang dan bijinya dikering – anginkan. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo, tangkil atau bago, Khalet. Emping banyak dihasilkan oleh pengusaha kecil, biasanya emping melinjo diproduksi oleh industri daerah misalnya di Banten, Kabupaten Klaten, Kabupaten Batang,Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur, yaitu di Kabupaten Magetan dan di Kabupaten Bantul. Melinjo (Gnetum gnemon Linn.) atau dalam bahasa Sunda disebut Tangkil, di Kapuas Hulu, Kalbar dinamai: 'bidau' adalah suatu spesies tanaman berbiji terbuka (Gymnospermae) berbentuk pohon yang berasal dari Asia tropik, melanesia, dan Pasifik Barat. Melinjo dikenal pula dengan nama belinjo, mlinjo (bahasa Jawa), tangkil (bahasa Sunda) atau bago (bahasa Melayu dan bahasa Tagalog), Khalet (Bahasa.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan tongkol tangkil (kulit melinjo) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!