Cuko Pempek Palembang. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
There are many varieties of Pempek. The most famous one is the Pempek Kapal Selam (Indonesian: "submarine"), which is made from a chicken egg. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia.

Sedang mencari inspirasi resep cuko pempek palembang yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal cuko pempek palembang yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit.vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Pempek or Mpek-mpek is a delicacy from Palembang, South Sumatra.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek palembang, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan cuko pempek palembang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cuko pempek palembang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Cuko Pempek Palembang menggunakan 8 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Cuko Pempek Palembang:

  1. Sediakan 1 kg gula merah aren (1 batok besar).
  2. Siapkan 50 gr asam jawa.
  3. Gunakan 1.5 sdt garam/secukupnya.
  4. Siapkan 2 liter air (bisa dikurangi klo mau lebih kental).
  5. Ambil Bumbu halus : blender.
  6. Sediakan 100 gr cabe rawit.
  7. Siapkan 100 gr bawang putih.
  8. Ambil 1 mangkok kecil tongcai lobak homemade (optional) (lihat resep).

Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Resep ini saya dapat dari hasil modifikasi sana dan sini. Ini adalah resep cuko jualan pempek saya 😁 "CUKO" kata ini sering salah dalam penyebutan.

Cara membuat Cuko Pempek Palembang:

  1. Siapkan bahan-bahan.
  2. Didihkan air, gula aren dan asam jawa hingga semua larut. Matikan api lalu saring (buang ampasnya).
  3. Masukkan bumbu halus, didihkan lagi sebentar. Matikan api dan biarkan dingin.
  4. Cuko pempek siap disajikan. Simpan cuko dalam botol/wadah tertutup. Supaya lebih awet, masukkan kedalam chiller (dibawah freezer).

Sering orang bilang cuka atau kuah pempek. Pembuatan Cuko Palembang yang membedakan dengan Cuko lain terletak pada gula merahnya. Gula merah yang biasa digunakan pada saat pembuatan Cuko ini yaitu gula merah Linggau atau gula merah khusus untuk buat. Bagi kami orang Palembang, biarlah rasa pempeknya kurang sedap dan enak. Pempek sebagai makanan khas Kota Palembang banyak disukai tak hanya oleh masyarakat Palembang, tetapi seluruh masyarakat di Indonesia menyukai makanan yang terbuat dari bahan tapioka dan ikan ini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cuko Pempek Palembang yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!