Karipap (Pastel Singapur)😍. Jadi ingat kak ros, upin dan ipin πŸ˜†. Snack gurih ini crispy d luar namun lembut d dalam. Bila d perlukan dlm jumlah banyak, buatlah isiannya terlebih dulu, simpan dlm wadah kedap udara didalam kulkas ☺️ Resep asli: bu fatmah bahalwan Resep Pastel Renyah / Pastel Singapura/ Pastel Lapis/Karipap.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Saya modifikasi sedikit dengan bahan yang ada. Jadi deh, hasilnya tidak mengecewakan untuk ukuran pemula seperti saya😁. Ini adalah salah satu mantan cemilan favorit saya.

Lagi mencari inspirasi resep karipap (pastel singapur)😍 yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal karipap (pastel singapur)😍 yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari karipap (pastel singapur)😍, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan karipap (pastel singapur)😍 yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Jadi ingat kak ros, upin dan ipin πŸ˜†. Snack gurih ini crispy d luar namun lembut d dalam. Bila d perlukan dlm jumlah banyak, buatlah isiannya terlebih dulu, simpan dlm wadah kedap udara didalam kulkas ☺️ Resep asli: bu fatmah bahalwan Resep Pastel Renyah / Pastel Singapura/ Pastel Lapis/Karipap.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah karipap (pastel singapur)😍 yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Karipap (Pastel Singapur)😍 menggunakan 23 bahan dan 15 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Karipap (Pastel Singapur)😍:

  1. Ambil Bahan kulit.
  2. Sediakan Bahan A:.
  3. Siapkan 125 gr tepung terigu serbaguna.
  4. Sediakan 75 gr margarin.
  5. Gunakan Bahan B:.
  6. Gunakan 375 gr tepung terigu serbaguna.
  7. Sediakan 40 gr minyak goreng.
  8. Ambil 150 gr air dingin (saya: air es).
  9. Gunakan 25 gr gula pasir.
  10. Siapkan 1/2 sdm garam halus.
  11. Ambil Bahan isi: (sudah dimodifikasi).
  12. Ambil 300 gr kentang (kukus dan potong dadu).
  13. Gunakan 250 gr wortel (kukus dan potong dadu).
  14. Sediakan 1 buah bawang bombay (saya : 1/2 bombay besar).
  15. Sediakan 3 siung bawang putih (ulek halus).
  16. Gunakan 1 potong dada ayam suwir yang sudah dimarinasi dan direbus.
  17. Gunakan 2 sdm makan keju parut (resep asli tidak pakai).
  18. Siapkan 2 sdm kari bubuk.
  19. Siapkan 1 sdt kaldu bubuk.
  20. Gunakan 1 sdt garam halus.
  21. Sediakan 3 sdm margarin untuk menumis.
  22. Sediakan 2 sdm saus sambal botol.
  23. Sediakan 1 sdm saus tomat (resep asli).

Saya sengaja membuat ukuran mungil untuk karipap ini, sekalian untuk cemilan. Cara Membuat Resep Karipap Pusing, Pastel Singapura – di Indonesia sendiri dikenal berbagai jenis pastel seperti pastel isi abon yang kering, pastel isi sayur, pastel isi bihun dll, dimana untuk pastel isi sayur isiannya rasanya mirip dengan isian karipap, risol, dan samosa. Karipap (Spiral Curry Puff) adalah makanan yang popular di Indonesia, Malaysia. Ini karipap pusing, sejenis pastel dari Malaysia.

Cara membuat Karipap (Pastel Singapur)😍:

  1. Untuk bahan isian: Panaskan margarin sebentar, masukkan bawang putih aduk sampai harum, masukkan bawang bombay, aduk sampai layu. Masukkan kentang, aduk sebentar. Masukkan ayam, keju parut, kari bubuk dan saus botol. Aduk kembali sampai rata. Masukkan garam dan kaldu bubuk, cek rasa. Matikan..
  2. Campur rata bahan A, akan berbentuk butir-butiran nantinya. Uleni sekitar 5 menit, sampai berbentuk adonan yang bisa dibentuk (seperti kalau kita membuat kue kering)..
  3. Campur semua bahan kecuali air dingin. Uleni sambil tuang air sedikit demi sedikit. Uleni sampai kalis..
  4. Bagi adonan A dan B menjadi 4 bagian. Pipihkan satu adonan B dan letakkan adonan A di atasnya..
  5. Akan ada 4 bagian sama besar seperti ini. Diamkan selama 15 menit..
  6. Ambil satu, gilas perlahan. Lihat urutannya..
  7. Setelah berbentuk memanjang, gulung perlahan sambil dirapatkan..
  8. Seteleh berbentuk gulungan, potong-potong sekitar 1.5 cm (resep asli 2 cm karena menurut saya bentuknya kebesaranπŸ˜€)..
  9. Setelah dipotong, ambil satu, gilas dengan ketebalan sesuai selera..
  10. Masukkan 1 sendok isian..
  11. Lipat seperti pastel. Goreng dengan minyak yang panas dan api sedang..
  12. Lihat luarnya yang berlapis-lapis saya langsung loncat kegirangan, hehehe….
  13. Lezaaat, kriuk luarnya dalammya lembut moms😍..
  14. Enak moms..saya suka sekali.😍..
  15. 14.11.2018. Saya membuat lagi karipap karena ada pesanan😊. Berhubung tidak ada tepung serbaguna maka saya mencoba pakai tepung segitiga biru. Hasilnya seperti ini. Teksturnya lebih cantik jika menggunakan serbaguna. Layernya tetap terbentuk namun ada lebih banyak totol2 seperti kalau kita bikin pastel. Rasanya sih sama yaa…jadi kalau mau bagus di penampilan baiknya pakai tepung serbaguna momsπŸ˜ŠπŸ˜‰..

Ada yang menyebutnya pastel malaysia, ada juga yang bilang pastel singapura. Cara Membuat: Naah, niatnya pingin buat pastel. Akhirnya buat curry puff saja ato pastel singapura, ato karipap pusing di Malaysia, ato pastel berlapis πŸ˜„πŸ˜„. Karipap atau curry puff adalah sejenis pastry dengan isian daging dan kentang bumbu kari. Gorengan khas Melayu ini mudah ditemukan di Singapura, Malaysia, atau Brunei Darussalam.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat karipap (pastel singapur)😍 yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!