Bolen Pisang Keju. Lihat juga resep Bolen Pisang Keju Berlayer enak lainnya. KOMPAS.com – Bolen pisang saat ini terkenal sebagai oleh-oleh khas Bandung. Ada banyak toko kue besar yang menjual bolen pisang dengan isian keju atau cokelat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Kudapan ini terbuat dari pisang yang dilapisi oleh kulit pastry. Biasanya, bolen memiliki dua variasi rasa atau isian, yakni coklat dan keju. Akan tetapi, kini mulai muncul juga varian lain pada bolen seperti bolen durian.

Lagi mencari ide resep bolen pisang keju yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal bolen pisang keju yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Bolen Pisang Keju Berlayer enak lainnya. KOMPAS.com – Bolen pisang saat ini terkenal sebagai oleh-oleh khas Bandung. Ada banyak toko kue besar yang menjual bolen pisang dengan isian keju atau cokelat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari bolen pisang keju, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan bolen pisang keju enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan bolen pisang keju sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Bolen Pisang Keju menggunakan 15 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Bolen Pisang Keju:

  1. Ambil Bahan A.
  2. Ambil 100 gr terigu pro tinggi.
  3. Gunakan 70 gr margarin.
  4. Ambil 1 sdm minyak.
  5. Sediakan Bahan B.
  6. Sediakan 200 gr terigu pro tinggi.
  7. Sediakan 70 gr margarin.
  8. Ambil 80 ml air.
  9. Gunakan 50 gr gula halus.
  10. Sediakan Bahan isi.
  11. Gunakan 4 buah pisang kepok (bagi 16).
  12. Sediakan Keju parut.
  13. Ambil Bahan oles.
  14. Siapkan 1 butir Kuning telur.
  15. Gunakan 1 sdm madu (optional).

Bolen Pisang Coklat Keju Ala Bandung. Bolen pisang termasuk tahan lama, yaitu hingga lima hari di suhu ruang. Jangan disimpan dalam kulkas ya, nanti jadi keras dan malah tidak enak. Kue Bolen adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, di dalamnya diberi isian pisang, coklat maupun keju.

Langkah-langkah membuat Bolen Pisang Keju:

  1. Siapkan bahan.
  2. Ambil 2 baskom untuk 2 adonan. Bahan A masukkan tepung, margarin dan minyak. Aduk rata lalu bulatkan. Diamkan 15 menit. Bahan B masukkan tepung, margarin, gula, air aduk rata dan bulatkan. Diamkan 15 menit.
  3. Bagi adonan A dan B menjadi 16 bagian. Bentuk bulat. Istirahatkan 15 menit.
  4. Pipihkan adonan B, lalu letakkan adonan A di atasnya. Bentuk seperti amplop.
  5. Kemudian pipihkan secara vertikal lalu gulung. Pipihkan lagi dan gulung..
  6. Pipihkan lagi untuk ke 3 kalinya secara horisontal dan vertikal, beri isian pisang dan keju. Lalu bentuk seperti amplop.
  7. Letakkan adonan ke loyang yg sudah di lumuri margarin. Oles bagian atas dengan kuning telur yg sudah dicampur madu lalu taburkan keju parut. Oven suhu 160° selama 25 menit.

Kemudian permukaannya dilapisi dengan puff pastry. Teksturnya yang lembut dan renyah berpadu dengan manisnya isian yang melimpah memberi sensasi berbeda pada setiap gigitannya. Resep Membuat Pisang Molen Keju – Molen pisang keju menjadi salah satu makanan yang paling banyak dijumpai terutama di daerah Bandung. Molen pisang memang menjadi salah satu makanan khas di daerah Bandung namun resep membuat pisang molen keju ini bisa Anda buat di rumah dengan mudah. Untuk membuat pisang molen keju Anda bisa menggunakan kulit pastry instan yang bisa Anda dapatkan di supermarket.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Bolen Pisang Keju yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!