Pempek Kulit Palembang (tanpa air). Pempek Lela menjual pempek Palembang asli tanpa cuka botolan, tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet, dan tanpa pemutih. Tersedia pempek kapal selam, lenjer, adaan, dan kulit. Dibuat dengan ikan dari Kota Palembang.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Berawal dari keinginan beli daging ikan gabus di pasar. Kemudian di kirim ke DKI Jakarta, Untuk disantap. Pertama buat pempek kulit ini saya menggunakan telur tanpa air, sekarang saya campur telur dan air.

Lagi mencari inspirasi resep pempek kulit palembang (tanpa air) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek kulit palembang (tanpa air) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek Lela menjual pempek Palembang asli tanpa cuka botolan, tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet, dan tanpa pemutih. Tersedia pempek kapal selam, lenjer, adaan, dan kulit. Dibuat dengan ikan dari Kota Palembang.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek kulit palembang (tanpa air), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan pempek kulit palembang (tanpa air) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pempek kulit palembang (tanpa air) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pempek Kulit Palembang (tanpa air) menggunakan 16 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Pempek Kulit Palembang (tanpa air):

  1. Sediakan 200 gram kulit ikan tenggiri giling.
  2. Ambil 200 gram ikan tenggiri giling.
  3. Sediakan 250 gram tepung sagu tani.
  4. Sediakan 1 butir telur.
  5. Siapkan Bahan Halus :.
  6. Siapkan 6 siung bawang merah.
  7. Sediakan 5 siung bawang putih.
  8. Sediakan 1 sdm garam halus.
  9. Siapkan Bahan Cuko :.
  10. Ambil 250 gram gula batok (gula merah kehitaman).
  11. Sediakan 150 gram bawang putih.
  12. Ambil 100 gram cabe rawit.
  13. Gunakan 200 ml air asam jawa.
  14. Gunakan 300 ml air.
  15. Siapkan Secukupnya garam.
  16. Sediakan Secukupnya gula pasir.

Tekstur renyah pempek tetap ada dan minyak tidak berbusa serta garing. Untuk ketebalan pempek disesuaikan masing- masing selera aja. Pempek wajib hukumnya disajikan dengan kuah saus berwarna hitam kecokelat-cokelatan, yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko terbuat dari air, gula merah, ebi (udang kering), cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

Cara menyiapkan Pempek Kulit Palembang (tanpa air):

  1. Pertama kita bikin cuko dahulu, masak gula batok & air hingga mendidih,.
  2. Sambil menunggu air mendidih, haluskan bawang putih, cabe rawit & garam, lalu masukkan ke dlm air gula yg sdh mendidih, tambahkan air asam jawa & gula pasir, aduk rata, tes rasa, biarkan mendidih hingga 7 menit,.
  3. Matikan kompor, biarkan dingin lalu saring & sisihkan,.
  4. Selanjutnya kita bikin pempek kulitnya, haluskan/ulek bahan halus (bawang merah, bawang putih & garam).
  5. Siapkan baskom/mangkok uk besar, masukkan telur & bahan halus yg sdh diulek, aduk rata, lalu tambahkan kulit ikan giling & ikan giling, aduk rata kembali,.
  6. Tambahkan tepung sagu tani sedikit demi sedikit sambil diuleni dgn tangan hingga adonan agak kalis basah,.
  7. Kemudian panaskan minyak goreng agak banyak dgn api kecil, & sambil menunggu minyak goreng panas, mulai membentuk pempek dgn menaburi tipis tepung sagu tani di telapak tangan & ambil adonan sesuai selera, lalu menggoreng setengah matang, tiriskan, lakukan hingga adonan habis,.
  8. Setelah pempek kulit dingin, iris memanjang atau sesuai selera, goreng kembali hingga matang/krispi,.
  9. Hidangkan pempek selagi hangat (agar terasa krispinya) dgn cuko 👌.

Sebagai pelengkap, makanan ini menggunakan mentimun yang diiris dadu dan mi kuning. Pempek jenis ini dikenal dengan sebutan pempek kulit. Karena menggunakan kulit ikan tenggiri, pempek kulit memiliki warna yang lebih gelap dari pempek biasanya, namun rasanya lebih gurih dan kenyal. Pempek ini juga tetap memerlukan daging ikan tenggiri dalam pembuatannya. Resep Pempek Tanpa Ikan – Pempek merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Palembang, Sumatera Selatan.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat pempek kulit palembang (tanpa air) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!