Cuko/kuah pempek (palembang asli). Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Salah satu aneka jajanan yang sudah sangat terkenal ini adalah kuliner asli Palembang dengan adonan dasar campuran tepung sagu dan ikan serta disajikan dengan kuah cuka yang kental. Biasanya Cuko Pempek lebih nikmat dimasak sehari sebelum di hidangkan bersama pempek. Rasa yang didapat dari Cuko Pempek Asli Palembang ini adalah pedas, manis, dan asam, rasa asamnya didapat dari asam jawa atau Cuka.

Sedang mencari inspirasi resep cuko/kuah pempek (palembang asli) yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko/kuah pempek (palembang asli) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko/kuah pempek (palembang asli), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan cuko/kuah pempek (palembang asli) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan cuko/kuah pempek (palembang asli) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Cuko/kuah pempek (palembang asli) memakai 7 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Cuko/kuah pempek (palembang asli):

  1. Gunakan 1 kg gula batok hitam.
  2. Siapkan 1,5-2 liter air bersih.
  3. Gunakan 150 gr cabe rawit merah.
  4. Ambil 50 gr asam jawa.
  5. Sediakan 1 sdm gula pasir.
  6. Sediakan 21 siung bawang putih.
  7. Siapkan 1 sdm rata garam.

Berikut Doyanresep bagikan rahasia lezatnya resep pempek Palembang asli lengkap dengan kuah cuko yang legit seperti berikut ini. Resep Pempek Palembang Kini tak perlu pergi ke Palembang hanya untuk menikmati pempek, karena berbekal resep pempek palembang berikut anda sudah dapat membuat pempek lengkap dengan kuah cuko sendiri di rumah. Saya pernah janji bikin cuko ini ya mams. Kuah cuka.yg akrab banget disandingkan dgn cemilan khas Palembang yi.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko/kuah pempek (palembang asli):

  1. Siapkan semua bahan2 biar lebih enak dan nikmat gula batok hitam tp gula merah aren biasa juga bisa, biar sama kayak dipalembang beneran ya pakai gula batok hitam tp cicip dulu ya cari yg tidak pahit.
  2. Blender halus banget bawang putih sama cabe rawitnya ya biar makyos.
  3. Masukkan gula batok dan asam jawa kedalam air rebus sampai mendidih dan gula hancur aduk2 agar tercampur masukkan garam gula dan blenderan cabe bawang tadi ya tunggu mendidih sebentar aja dan matikan kompor.
  4. Bila suka disaring ampasnya selagi panas ya,,,,.
  5. Diamkan dipanci atau wadah selama 24 jam disuhu ruangan, tp jangan ditutup rapat.
  6. Besoknya baru dipindah ke wadah botol atau wadah lain yg ada tutupnya baru disimpan dikulkas.
  7. Bila ingin kental cukonya airnya 1.5 liter aja,,,.
  8. Trimakasih, bila kurang jelas boleh tanya ya oh ia kalau g suka pedas boleh dikurangi cabenya. kalau gulanya bukan gula batok g perlu pake gula pasir ya bun..,.
  9. Selamat mencoba.

Makanan ini begitu terkenal sampai tersebar ke berbagai penjuru negeri ini. Padahal, asal dari makanan khas ini adalah Palembang lho. Yah, walaupun cukup jauh, tapi makanan lezat ini sudah sampai ke berbagai pulau di Indonesia. Bukan cuma di kota besar saja, kamu bahkan bisa menemukan pempek. Resep cara membuat kuah pempek, atau bisa disebut dengan cuko.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan cuko/kuah pempek (palembang asli) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!