Pempek kulit Palembang. Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness. Warnanya pun bukan putih seperti pempek pada umumnya. Namun soal rasa tak usah diragukan lagi.

Anda sedang mencari ide resep pempek kulit palembang yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal pempek kulit palembang yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Pempek, mpek-mpek or empek-empek is a savoury Indonesian fishcake delicacy, made of fish and tapioca, from Palembang, South Sumatera, Indonesia. Pempek is served with rich sweet and sour sauce called kuah cuka or kuah cuko (lit. vinegar sauce), or just "cuko". Sometimes local people also eat the dish with yellow noodles and diced up cucumber to balance out the vinegar's sourness.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari pempek kulit palembang, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan pempek kulit palembang yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat pempek kulit palembang sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat menyiapkan Pempek kulit Palembang menggunakan 11 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Pempek kulit Palembang:

  1. Gunakan 1 kg kulit ikan tenggiri.
  2. Sediakan 300 gr sagu.
  3. Ambil 100 gr terigu.
  4. Ambil 2 butir telor ayam.
  5. Gunakan 250 ml santan (saya pake kara).
  6. Gunakan 100 gr bawang putih (haluskan).
  7. Gunakan 1 helai daun bawang.
  8. Sediakan 2 sdt gula.
  9. Sediakan 3 sdt garam.
  10. Ambil Penyedap rasa (optional).
  11. Gunakan sedikit air es.

Pempek Lela menjual pempek Palembang asli tanpa cuka botolan, tanpa pemanis buatan, tanpa pengawet, dan tanpa pemutih. Tersedia pempek kapal selam, lenjer, adaan, dan kulit. Dibuat dengan ikan dari Kota Palembang. Untuk raso lidah dak pacak mudike.

Langkah-langkah menyiapkan Pempek kulit Palembang:

  1. Campurkan kulit ikan, telur, bawang putih, dan daun bawang. Aduk perlahan. Campurkan tepung terigu, sagu, gula dan garam, tambahkan santan lalu aduk sampai rata. Boleh dicicip dulu sebelum di bentuk.
  2. Ratakan tepung di tangan, ambil adonan ukuran 1 sendok makan. Bentuk adonan dan pipihkan tipis supaya crispy. Lalu goreng di minyak panas.

Pempek kulit memiliki bahan dasar yang paling berbeda dari pempek Palembang lainnya. Dari namanya saja bisa kita tebak bahwa bahan dasarnya adalah kulit ikan. Ya, benar sekali bahwa bahan dasar utamanya adalah kulit ikan. Kulit yang digunakan bisa berasal dari kulit ikan belida atau tenggiri. resep pempek kulit palembang asli Saat membuat pempek palembang kulit ikan pun dapat dimanfaatkan sebagai tambahan bahan untuk membuat sebuah pempek yang enak. Pempek kulit merupakan ragam pempek khas masyarakat Sumatera Selatan lainnya yang menjadi andalan kuliner daerah ini.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat pempek kulit palembang yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!