Cuko Pempek Palembang Kental Lemak Niaan. Resep Cuko Pempek Palembang Kental Lemak Niaan. Sering banget beli pempek tapi cukanya gak sedep. Keseringan sih gak kentel dan asemnya tuh asem cuka bening, bukan asem jawa.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest
  • LiveJournal
Keseringan sih gak kentel dan asemnya tuh asem cuka bening, bukan asem jawa. Ditambah lagi pernah nemu, kentel, tapi kentelnya itu kentel maizena. Terutama buat di daerah luar sumatera selatan dan lampung, suka zonk cuka nya 🙁 Jadi.

Lagi mencari inspirasi resep cuko pempek palembang kental lemak niaan yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal cuko pempek palembang kental lemak niaan yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep Cuko Pempek Palembang Kental Lemak Niaan. Sering banget beli pempek tapi cukanya gak sedep. Keseringan sih gak kentel dan asemnya tuh asem cuka bening, bukan asem jawa.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari cuko pempek palembang kental lemak niaan, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan cuko pempek palembang kental lemak niaan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan cuko pempek palembang kental lemak niaan sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Cuko Pempek Palembang Kental Lemak Niaan menggunakan 6 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Cuko Pempek Palembang Kental Lemak Niaan:

  1. Sediakan 15 siung bawang putih.
  2. Sediakan 250 gr cabe rawit (pakai cabe setan juga bisa) ini sesuai selera kalau suka pedas ditambah, kalau tidak suka, dikurangi.
  3. Gunakan 750 gr gula aren (saya memilih pakai gula aren sebulat besar itu, makin banyak makin enak. Kalau tidak ada gula aren, pilih gula yang warnanya gelap/hitam).
  4. Siapkan 750 ml air.
  5. Gunakan 2 bungkus kecil asam jawa (direndam dengan 100ml air, remas remas sampai sari asamnya keluar semua. Kadang saya rendam semalaman, besoknya baru saya peras).
  6. Sediakan 2 sdm garam.

Keseringan sih gak kentel dan asemnya tuh asem cuka bening, bukan asem jawa. Ditambah lagi pernah nemu, kentel, tapi kentelnya itu kentel maizena. Terutama buat di daerah luar sumatera selatan dan lampung, suka zonk cuka nya 🙁 Jadi. Pempek Tunu berbentuk dua bulat pipih yang disatukan.

Langkah-langkah menyiapkan Cuko Pempek Palembang Kental Lemak Niaan:

  1. Haluskan bawang putih dan cabe rawit..
  2. Rebus gula aren dengan sedikit air. Air lebih baik sedikit dulu, yang penting menutup permukaan gula. Kalau nanti tekstur kekentalan bisa ditambahh air, Tapi kalau sudah keenceran, mau air dibuat menyusut juga tidak akan mengental kecuali ditambah gula. Jadi kira2 rebus dengan 750ml air dulu..
  3. Setelah gula larut, koreksi tekstur, apakah terlalu kental atau sudah pas, jika terlalu kental tambahkan air..
  4. Masukan air asam jawa, gula putih dan cabe yang telah dihaluskan, dan garam..
  5. Aduk rata, tunggu sampai mendidih. Koreksi rasa dan tekstur 🤤🤤 Boleh disaring boleh tidak, saran saya gausah disarinh karena gumpalannya itu bikin dia makin kental 😬.

Pada tengah-tengah bulatan pipih ada isi campuran rawit, kecap menis, dan ebi. Lalu penyajiannya dengan kuah cuko yang kental. Jadi, mana pempek yang paling Sobat Pesona sukai? Selanjutnya teman ideal makan pempek tidak lain adalah kuah cokelat kental pedas yang wajib ada menemani makan pempek. Namanya Cuko , ada istilah kalau cuko -nya sedap pasti pempeknya enak.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Cuko Pempek Palembang Kental Lemak Niaan yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!